HAK JAWAB Alpha JWC Ventures atas Pemberitaan Profil Goola, Usaha Es Doger Milik Gibran Rakabuming

- 20 Januari 2022, 17:02 WIB
Hak jawab ALpha JWC Ventures soal pemberitaan Profil Goola, startup usaha es doger dari Gibran Rakabuming yang dapat suntikan modal Rp 71 miliar dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures pada September 2019.
Hak jawab ALpha JWC Ventures soal pemberitaan Profil Goola, startup usaha es doger dari Gibran Rakabuming yang dapat suntikan modal Rp 71 miliar dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures pada September 2019. /Tangkap layar Instagram.com/@goola_id

 

BERITA DIY - Berikut ini Hak Jawab Alpha JWC Ventures atas pemberitaan profil Goola, usaha es doger milik Gibran Rakabuming yang dimuat BeritaDIY dengan judul "Profil Goola, Usaha Es Doger Gibran Rakabuming yang Dapat Suntikan Modal Rp 71 Miliar" pada 17 Januari 2022.

Pada pemberitaan tersebut diterangkan bahwa usaha milik anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming mendapatkan suntikan modal sebesar USD 5 Juta atau sekitar Rp 71 miliar dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures pada September 2021.

Berikut klarifikasi pihak Alpha JWC Ventures:

a. Bahwa TIDAK BENAR pada tahun 2019 Chandra Tjan menjabat sebagal Managing Partner di East Ventures. Chandra Tjan mendirikan dan memimpin East Ventures sejak tahun 2009 sampai dengan 2015. Setelah keluar dari East Ventures, Chandra Tjan mendirikan Alpha JWC pada tahun 2015. DENGAN FAKTA TERSEBUT, CHANDRA TJAN TIDAK ADA HUBUNGAN LAGI DENGAN EAST VENTURES, APALAGI DENGAN SMDV DAN JAPAN YAHOO CORP YANG MENGINVESTASIKAN DANANYA KE EAST VENTURES.

b. Bahwa masuknya, Alpha JWC berinvestasi USD 5 juta di Goola pada tahun 2019 adalah MURNI PERTIMBANGAN BISNIS. Investasi ini berawal dari perkenalan Alpha JWC dengan Benz Budiman; salah satu pendiri Goola yang pada saat itu sedang melakukan penghimpunan dana investasi. Setelah melakukan due diligence, Alpha JWC memutuskan berinvestasi secara bertahap di Goola. Dengan investasi ini, Alpha JWC adalah pemegang saham minoritas di Goola, dengan pemilik saham terbesar adalah para pendiri perusahaan tersebut, yaitu Kevin Susanto, Gibran Rakabuming, dan Benz Budiman.

C. Bahwa investasi Alpha JWC di Mangkokku pada tahun 2020 juga adalah MURNI PERTIMBANGAN BISNIS, diawali dengan pertemuan Alpha JWC dengan Randy Kartadinata; pengusaha kuliner berpengalaman di Indonesia dan Australia yang saat itu bersama dengan chef populer Arnold Poernomo dengan dibantu oleh Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming yang juga adalah pengusa kuliner sedang membangun bisnis makanan dengan konsep rice bowl bernama Mangkokku. Melihat ide, produk, serta tim yang kuat, Pada akhir 2020, Alpha JWC tertarik berinvestasi di Mangkokku sebesar USD 2 juta. Dengan bantuan dana dan pendampingan bisnis dari Alpha JWC, Mangkokku telah berkembang dan memiliki 43 outlet di 7 kota di Indonesia.***

 

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x