Login Link banpt.or.id, Ini Cara Cek Online Akreditasi Perguruan Tinggi atau Universitas dan Prodi

- 14 Januari 2022, 19:40 WIB
Ilustrasi mahasiswa yang menjalani prosesi wisuda, cek akreditasi perguruan tinggi dan prodi di link banpt.or.id.
Ilustrasi mahasiswa yang menjalani prosesi wisuda, cek akreditasi perguruan tinggi dan prodi di link banpt.or.id. /Pixabay/greymatters

BERITA DIY – Cara cek akreditasi perguruan tinggi atau universitas dan program studi (prodi) dapat dilakukan secara online lewat website resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di banpt.or.id.

Sebagaimana diketahui, setiap institusi pendidikan perguruan tinggi memiliki akreditasi atau penilaian yang dilakukan oleh badan resmi BAN-PT.

Penilaian terhadap perguruan tinggi, universitas maupun prodi atau jurusan ditujukan untuk pemberian label nilai sesuai dengan standar kriteria mulai dari input, output, income, sarana hingga prasarana pendidikan.

Baca Juga: Cara Cek Akreditasi Prodi dan Universitas sebagai Syarat Daftar CPNS dan PPPK Tahun 2021 Melalui Situs BAN-PT

Akreditasi memiliki sejumlah kegunaan selain melakukan penilaian terhadap perguruan tinggi atau prodi juga ditujukan untuk memotivasi adanya evaluasi serta peningkatan kualitas dari subjek penilaian.

Akreditasi perguruan tinggi dan prodi dapat digunakan oleh pendidik maupun peserta didik untuk melamar suatu pekerjaan tertentu atau sebagai syarat pendaftaran program seperti CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Cara cek akreditasi perguruan tinggi dan prodi secara online ini, masyarakat akan lebih terbantu karena tidak perlu datang ke kampus untuk mengetahui akreditasi perguruan tinggi dan prodi.

Baca Juga: Profil Giring Ganesha, Ketua PSI yang DO Saat Anies Baswedan Jadi Dosen di Universitas Paramadina

Cara cek akreditasi perguruan tinggi, universitas maupun prodi dapat dilakukan mengikuti cara di bawah ini.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network