Bacaan Doa Mustajab di Hari Jumat, Baik Dibaca Saat Ashar dan Akhir Menjelang Maghrib

- 14 Januari 2022, 16:06 WIB
Ilustrasi - Bacaan doa mustajab pada hari Jumat saat Ashar dan menjelang Maghrib.
Ilustrasi - Bacaan doa mustajab pada hari Jumat saat Ashar dan menjelang Maghrib. /PIXABAY/Radoan_Tanvir

BERITA DIY - Simak bacaan doa mustajab di hari Jumat yang baik dibaca saat Ashar dan akhir menjelang Maghrib dalam tulisan Arab, Latin, dan terjemahan Bahasa Indonesia.

Hari Jumat merupakan hari mulia bagi umat Islam. Oleh karenanya, Muslim diharapkan berlomba-loma dalam beribadah kepada Allah SWT, di antaranya membaca doa.

Selain hari Jumat sendiri memiliki keutamaan, disebutkan bahwa salah satu waktu terbaik untuk membaca doa atau beribadah adalah sekitar Ashar dan akhir menjelang Maghrib.

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Ashar di Hari Jumat Beserta Doa Sebelum Membaca Al-Quran

Hal ini pernah disampaikan dalam hadits Nabi Muhammad SAW yang menyatakan:

يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً لاَ يُوجَدُ فِيهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ إِيَّاهُ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ

Artinya: "Pada hari Jum'at terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba Muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah ‘Ashar',"[HR. Abu Dawud]

Baca Juga: Bacaan Doa Mustajab dan Dzikir di Hari Jumat Pagi-Sore: Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Arti Bahasa Indonesia

Oleh karena itu bagi umat Muslim yang berdoa saat waktu sekitaran Ashar pada hari Jumat maka jamiman doa akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Syeikh Ali jaber dalam siaran YouTube Taman Surga.Net, mengatakan bahwa waktu terbaik untuk berdoa di hari Jumat berdasarkan hadits, ialah satu jam sebelum waktu Maghrib tiba.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x