Yasinan Adalah Apa? Baca Doa Yasin Malam Jumat Lengkap 40 Ayat Latin dan Arab untuk Tahlilan Orang Meninggal

- 13 Januari 2022, 15:10 WIB
Ilustrasi - Bacaan Yasinan adalah apa dan baca doa Yasin malam Jumat lengkap 40 ayat latin dan Arab serta artinya untuk Tahlilan orang meninggal.
Ilustrasi - Bacaan Yasinan adalah apa dan baca doa Yasin malam Jumat lengkap 40 ayat latin dan Arab serta artinya untuk Tahlilan orang meninggal. /PEXELS/Ali Arapoglu

BERITA DIY - Hari Kamis malam biasanya akan ada pembacaan doa arwah Yasin malam Jumat lengkap 40 ayat latin dan Arab untuk orang meninggal.

Dilansir dari journal.moestopo.ac.id, jurnal berjudul "Sosialiasi Yasinan dan Tahlilan dalam Komunikasi Islam", Yasinan adalah membaca surat Yasin secara bersama-sama, baik tiap malam Jumat atau malam-malam tertentu di masjid ataupun rumah.

Sementara Tahlilan adalah doa yang dibacakan secara bersama-sama untuk orang yang sudah meninggal dunia. Adapun Tahlil artinya pengucapan kalimat Laa ilaaha illallaah.

Baca Juga: Bacaan Doa Orang Sakit agar Cepat Sembuh Sesuai Ajaran Islam dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Tahlilan dan Yasinan bisa digunakan sebagai medium sosialisasi berdakwah ajaran agama Islam.

Menurut Muhtadin, penulis "Sosialiasi Yasinan dan Tahlilan dalam Komunikasi Islam", kedua budaya sosialilasi ini menuai pro dan kontra.

Meski begitu, Tahlilan dan Yasinan tetap dilakukan oleh warga dari pedesaan pun kota untuk kematian seseorang.

Baca Juga: Bacaan Doa Mohon Perlindungan Keselamatan dari Bahaya dalam Perjalanan Bagi Keluarga dan Artinya

Biasanya dilakukan dalam 7 hari sejak meninggalnya seseorang. Ada pula yang membaca doa Yasin hanya pada hari ke-1, ke-3 dan ke-7.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x