Tanggal 12 Januari 2022 Memperingati Hari Apa? Ada Daftar Peristiwa yang Terjadi di Indonesia dan Dunia

- 11 Januari 2022, 20:25 WIB
Simak deretan peristiwa sejarah yang diperingati tanggal 12 Januari 2022.
Simak deretan peristiwa sejarah yang diperingati tanggal 12 Januari 2022. /Foto Pribadi

BERITA DIY - Simak daftar peristiwa sejarah yang diperingati pada tanggal 12 Januari 2022 di dunia beserta kelahiran dan kematian para tokoh terkenal dari Indonesia dan mancanegara.

Tanggal 12 Januari 2022 jatuh pada hari Rabu di tahun ini. Meskipun bukan tanggal merah, namun ada momen yang penting untuk diperingati karena masuk dalam peristiwa sejarah dunia.

Tak hanya sejarah dunia, terdapat pula kelahiran dan kematian figur terkenal asal Indonesia maupun luar negeri pada tanggal 12 Januari di tahun yang berbeda-beda.

Baca Juga: Tanggal 7 Januari 2022 Memperingati Hari Apa? Ini Daftar Peristiwa Sejarah, Kematian dan Kelahiran Para Tokoh

Dikutip dari On This Day, peristiwa sejarah pada tanggal 12 Januari bertepatan dengan Basiliskus menjadi Kaisar Bizantium. Upcara penobatan dilaksanakan di Istana Hebdomon di Konstantinopel pada tahun 475.

Selanjutnya, Gustav I dari Swedia dinobatkan sebagai Raja Swedia. Ia resmi memerintah dari tahun 1528 selama 37 tahun setelahnya. Tak hanya itu, Gustav I dikenal sebagai 'Bapak Bangsa".

Tak lama berselang, 12 Januari juga bertepatan dengan penobatan Raja Burma pada tahun 1554. Dia melanjutkan dan mengumpulkan kerajaan terbesar dalam sejarah Asia Tenggara.

Baca Juga: Tanggal 6 Januari 2022 Memperingati Hari Apa? Ada Sejarah Hari Anak Yatim Korban Perang Sedunia

Beberapa abad kemudian Yohannes IV dimahkotai sebagai Kaisar Ethiopia tepat pada 12 Januari 1872 di Axum. Momen ini sekaligus menjadi penobatan kekaisaran pertama di tempat itu dalam lebih dari 200 tahun.

Tahun 1940, Rusia melakukan aksi bom di kota-kota Finlandia yang merupakan bagian dari sejarah Perang Dunia II.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x