Apa Itu Freelance? Bagaimana Cara Kerjanya dan Berapa Banyak Penghasilan yang Bisa Didapat

- 8 Januari 2022, 20:30 WIB
Ilustrasi - Pengertian tentang freelance juga bagaimana cara kerjanya dan berapa penghasilan yang bisa didapat.
Ilustrasi - Pengertian tentang freelance juga bagaimana cara kerjanya dan berapa penghasilan yang bisa didapat. /Unsplash/Glenn Carstens-Peters

BERITA DIY - Apa itu freelance? Pengertian tentang freelance juga bagaimana cara kerjanya dan berapa banyak penghasilan yang bisa didapat seorang yang bekerja freelance.

Pengertian freelance melansir dari Being Guru adalah pekerjaan yang tidak terikat kontrak jangka panjag dengan instansi atau lembaga. Mereka para pekerja freelance atau disebut freelancer bisa dibilang sebagai orang yang berwiraswasta.

Istilah freelance juga merujuk pada jenis pekerja yang bekerja sendiri. Menurut Investopedia, freelance berarti pekerja mandiri yang menghasilkan uang berdasarkan per pekerjaan yang diselesaikan.

Baca Juga: 3 Cara Download Video MP4 Lagu Youtube Ubah Jadi Musik Pakai MP3 Juice, Y2Mate dan YTMP3 Gratis Tanpa Aplikasi

Baca Juga: Resep Cupcake Simple untuk Cemilan Malam Minggu, Cocok Dihidangkan saat Bersama Pacar, Sahabat, dan Keluarga

Pekerja freelance atau freelancer tidak bisa disamakan degan pekerja full time atau penuh waktu, sebeb freelancer tidak berstatus sebagai karyawan. Sederhanya, mereka adalah pekerja untuk pekerjaan jangka pendek.

Cara kerja freelancer sederhana, seorang freelancer menawarkan jasanya di pasar freelance yang berbeda, kemudian mendapatkan proyek dan dipekerjakan, menyelesaikan target pekerjaan, lalu mendapat bayaran. Proses berlanjut dari satu klien ke klien lainnya.

Bayaran pekerja freelance biasanya dihitung per jam atau per hari atau per proyek atau juga per tugas. Adapun jenis pekerjaan yang dilakukan tergantung dengan kemampuan yang dimiliki.

Bisa bekerja di sektor manajemen, bisnis, kreatif, desain, translator Bahasa, bimbingan belajar, copywriting, content creator, jurnalistik, marketing, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Resep dan Cara Buat Nasi Liwet Sunda Pulen, Menu Akhir Pekan Bersama Keluarga di Rumah

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah