Bacaan Surat Yasin dan Tahlil Lengkap Bahasa Arab, Indonesia dan Artinya: Tuntunan saat Yasinan dan Tahlilan

- 6 Januari 2022, 17:28 WIB
Bacaan Yasin ayat 83 dan Tahlil lengkap bahasa Arab dan Indonesia beserta tuntunan untuk Yasinan dan Tahlilan di masyarakat.
Bacaan Yasin ayat 83 dan Tahlil lengkap bahasa Arab dan Indonesia beserta tuntunan untuk Yasinan dan Tahlilan di masyarakat. /UNSPLASH/(@katekerdi)

BERITA DIY - Simak bacaan surat Yasin ayat 83 dan Tahlil lengkap bahasa Arab dan Indonesia beserta tuntunan untuk Yasinan dan Tahlilan di masyarakat.

Seperti diketahui, membaca surat Yasin biasa menjadi rutinitas umat muslim yang dibaca saat tahlilan atau ada orang meninggal dunia.

Dikarenakan mengandung makna yang cukup dalam, surat Yasin disebut sebagai jantung Al-Quran, kitab suci muslim dan muslimat.

Dalam surat Yasin, terkandung isi dihidupkannya kembali makhluk ciptaan Allah SWT, peringatan Allah SWT, balasan untuk mukmin dan kafir, hingga peringatan api neraka.

Bacaan yasin dibaca saat tahlilan, dianjurkan usai sholat fardhu lima waktu, saat seseorang mengalami sakaratul maut, mengirim doa untuk keluarga atau kerabat atau saat ziarah kubur.

Baca Juga: Bacaan Doa Orang Sakit agar Cepat Sembuh Sesuai Ajaran Islam dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud, ia mempertegas salah satu keutamaan membaca surat Yasin pada malam jumat.
 
"Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya." (HR Abu Daud dari al-Habr)
 
Selain itu, surat Yasin pun akan membantu seseorang yang sedang sakaratul maut atau sekarat agar diberikan kemudahan atau bekal menuju akhirat, seperti yang dijelaskan dalam hadist Ma'qal bin Yasar.
 
"Surat Yasin adalah jantung Al-Quran. Siapa saja yang membacanya semata-mata karena Allah dan berharap kebahagiaan akhirat maka ia akan diampuni. Maka bacakanlah Yasin di samping saudaramu yang sedang sekarat."
 
 

1. Bacaan doa yasin lengkap 83 ayat dalam Bahasa Arab dan terjemahan Bahasa Indonesia

يٰسۤ ۚ - ١ 
Ya Sin

وَالْقُرْاٰنِ الْحَكِيْمِۙ ٢ 
Demi Al-Qur'an yang penuh hikmah

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x