6 Rukun Iman dalam Islam yang Wajib Diyakini dan Diimani, Ini Contoh Pengamalannya di Keseharian

- 4 Januari 2022, 21:00 WIB
ILUSTRASI - Enam rukun iman dalam Islam yang wajib dipahami dan diyakini beserta contoh pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari.
ILUSTRASI - Enam rukun iman dalam Islam yang wajib dipahami dan diyakini beserta contoh pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari. /Pexel/Bassamibrahim

BERITA DIY -  Simak 6 rukun iman dalam Islam yang wajib diyakini dan diimani oleh umat muslim beserta contoh pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari.

Rukun iman dapat diartikan sebagai kepercayaan seorang muslim terhadap keyakinan yang dianutnya. Hendaknya, seorang yang mengaku beragama Islam, percaya dan yakin apa yang terkandung dalam rukun iman.

Rukun iman isinya ada enam. Sesuai dengan namanya rukun, artinya mereka berurutan, mulai dari iman pertama, kedua, hingga keenam.

Baca Juga: Daftar Hari Besar Islam Tahun 2022, Catat Tanggal Cantik untuk Lamaran dan Hari Tidak Boleh Menikah!

Satu, Iman Kepada Allah SWT

Sebagai seorang muslim hal yang wajib diyakini dari rukun iman pertama ialah Allah SWT. Setiap muslim wajib mempercayai keberadaan Allah SWT beserta segela sifatnya.

Sebagai seorang muslim juga wajib memaknai dua kalimat syahadat, yang bunyinya:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

"Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah,"

yang artinya : "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah".

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x