Masker Apa yang Dapat Cegah Omicron? Simak Update Varian Bertambah 2 Kasus di indonesia

- 18 Desember 2021, 17:25 WIB
Ilustrasi - Simak jenis masker yang ampuh cegah varian Omicron.
Ilustrasi - Simak jenis masker yang ampuh cegah varian Omicron. /ISTOCKPHOTO/YJPTO

BERITA DIY - Simak masker apa yang dapat cegah varian Omicron beserta update dua kasus yang bertambah di Indonesia per Sabtu, 18 Desember 2021.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali mengonfirmasi tambahan dua kasus baru varian Omicron di Indonesia setelah sebelumnya kasus pertama terdeteksi pada Rabu, 15 Desember 2021.

Dengan adanya varian Omicron di Indonesia, masyarakat harus lebih menaati protokol kesehatan (prokes), salah satunya menggunakan masker. Namu jenis masker apa yang efektif terhadap varian B.1.1.529 ini? Simak penjelasannya dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Efektivitas Vaksin Terhadap Varian Omicron: Sinovac, Pfizer, Moderna, AstraZeneca, hingga Sinopharm

Kemenkes pertama kali mengonfirmasi kasus pertama varian Covid-19 bernama Omicron berasal dari seorang petugas kebersihan di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Penderita berinisial N ini tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

Selain beberapa hari kemudian, Kemenkes menemukan dua tambahan kasus varian yang berasal dari Afrika Selatan itu. Berbeda dengan kasus pertama, kedua penyintas baru saja pulang dari luar negeri.

Kasus ke-2 teridentifikasi atas inisial IKWJ, seorang pria berusia 42 tahun yang memiliki riwayat perjalanan dari Amerika Serikat. Sementara kasus ke-3 adalah pria 50 tahun berinisial M dari hasil lawatan ke Inggris.

Baca Juga: Jangan Panik! Berkut Gejala yang Dirasakan Jika Terinfeksi Covid-19 Varian Omicron

Kedua kasus positif Omicron ini merupakan hasil sampel yang diambil dari total lima sampel yang diduga varian B.1.1.529. Seluruh sampel merupakan orang yang baru masuk ke Indonesia dari luar negeri.

Pemerintah pun mengingatkan masyarakat untuk terus disiplin prokes 6 M mengingat Omicron menyebar dengan sangat cepat berkaca pada pengalaman banyak negara.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x