Apa Itu ANBK 2021? Berikut Jadwal Pelaksanaan Lengkap dengan Link Materi Soal AKM

- 17 Desember 2021, 19:20 WIB
Para siswa SD sedang menjalankan ANBK yang difasilitasi oleh SMPN 3 Solor Barat.
Para siswa SD sedang menjalankan ANBK yang difasilitasi oleh SMPN 3 Solor Barat. /Max Werang/FLORES TERKINI

BERITA DIY - Ketahui penjelasan tentang apa itu pengertian ANBK beserta jadwal pelaksanaan terbaru lengkap dengan link contoh materi AKM yang dijadikan standar penilaian. Simak informasi selengkapnya pada artikel ini.

ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemendikbudristek sebagai upaya evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.

Dilansir dari anbk.kemdikbud.go.id, program ANBK ini merupakan tes atau proses penilaian terhadap mutu yang dimiliki oleh satuan pendidikan atau sekolah. Hal ini dilakukan pada satuan pendidikan atau sekolah dasar maupun menengah.

Baca Juga: Apa Itu Kremasi Seperti yang Dilakukan Pada Jenazah Laura Anna? Berikut Penjelasan dan Sejarah Awal Mulanya

Dengan adanya program ANBK diharapkan dapat menghasilkan informasi yang pasti yang dapat digunakan untuk mengevaluasi atau memperbaiki kualitas belajar mengajar pada suatu lembaga pendidikan dasar dan menengah.

Sederhananya, ANBK merupakan program untuk menilai kualitas pendidikan pada setiap jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat.

Perlu diketahui, terdapat 3 komponen dalam pelaksanaan Asesmen Nasional yakni AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum, survei karakter, dan yang terakhir adalah survei lingkungan belajar.

AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum yang digunakan sebagai salah satu instrumen penilaian dalam ANBK ini merupakan penilaian kompetensi dasar bagi setiap murid di suatu sekolah.

Baca Juga: Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional 2021 di Pusmenjar Kemdikbud, Begini Cara Ikut Simulasi

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x