Jenis-jenis Perayaan yang Biasanya Dilakukan Umat Kristiani Saat Natal: Misa Vigili Natal dan Misa Natal

- 14 Desember 2021, 20:16 WIB
Ilustrasi - Jenis perayaan yang dilakukan saat natal ada misa vigili natal dan misa natal.
Ilustrasi - Jenis perayaan yang dilakukan saat natal ada misa vigili natal dan misa natal. /PIXABAY/12019

BERITA DIY – Mengenal jenis-jenis perayaan yang biasanya dilakukan saat Natal oleh umat Kristiani mulai dari Misa Vigili Natal dan Misa Natal selengkapnya.

Hari raya Natal dirayakan seluruh umat Kristiani di seluruh dunia setiap tanggal 25 Desember. Pada hari raya Natal umat kristiani merayakan Hari Raya Kelahiran Tuhan (Nativitas Domini).

Umat Kristiani biasanya merayakan Natal dengan mengikuti perayaan Ekaristi atau yang juga disebut Misa. Setidaknya ada empat ragam Misa Kelahiran Tuhan yang dirayakan umat kristiani, namun umumnya di Indonesia hanya dua ragam yang dirayakan.

Baca Juga: Doa Keluarga di Depan Palungan Yesus, Doa Katolik yang Biasanya Dipanjatkan Saat Natal

Misa Sebelum Hari Natal atau In Vagilia

In Vigilia atau yang biasa juga disebut sebagai Misa Seelum Hari Natal. Misa ini lazimnya dirayakan spada tanggal 24 Desember sekitar waktu Vesper atau pukul 17.00 atau 18.00 sore.

Karena masih dalam masa menantikan kelahiran Tuhan, bacaan yang digunakan juga memiliki pesan penantiaan dengan penekanan pada ‘yang akan datang’.

Misa Malaikat atau In Nocte

Misa Malaikat atau In Nocte biasanya dirayakan pada tanggal 24  Desember malam, sejatinya misa dirayakan sekitar tengah malam yaitu pukul 23.00 atau 24.000. Walaupun juga dirayakan pada tanggal 24 Desember malam, misa In Nocte ini sudah dihitung sebagai Hari Raya Kelahiran Tuhan.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x