Mengenal Makna dan Arti Masa Adven yang Dirayakan Umat Katolik Sebelum Hari Raya Natal

- 28 November 2021, 15:49 WIB
Mengenal Masa Adven yang dirayakan umat Katolik mulai hari ini hingga hari raya Natal.
Mengenal Masa Adven yang dirayakan umat Katolik mulai hari ini hingga hari raya Natal. /PIXABAY/TheoCrazzolara

BERITA DIY – Hari ini, Minggu 28 November 2021, umat Katolik di seluruh dunia merayakan dan telah memasuki masa Adven. Kenali lebih dalam makna dan arti masa adven yang dirayakan empat minggu sebelum Natal berikut ini.

Masa Adven berlangsung selama empat hari Minggu dan empat Minggu Persiapan sebelum Hari Raya Natal. Pada Masa Adven ini seluruh umat Katolik mempersiapkan diri dengan berbagai hal untuk menyambut hari raya Natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember.

Masa Adven adalah masa pengharapan, penantian dan persiapan untuk menyambut kedatangan dan kelahiran Tuhan Yesus Kristus yang dirayakan pada saat Natal.

Baca Juga: Sejarah Perayaan Paskah Umat Kristiani

Kata Adven berasal adari kata adventus dari bahasa Latin yang berarti kedatangan. Selama Masa Adven, seluruh ornamen peribadatan gereja katolik atau warna liturgi yang digunakan adalah warna ungu yang melambangkan pertobatan.

Masa Adven sendiri dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama terdiri atas Minggu Adven pertama dan Minggu Adven kedua yang merupakan masa persiapan unntuk kedatangan Kristus yang kedua kalinya.

Bagian kedua terdiri atas Mingu Adven ketiga dan Minggu Adven keempat yang merupakan masa persiapan untuk memperingati kedatangan Kristus yang pertama yaitu Hari Raya Natal.

Baca Juga: Doa-doa Katolik: Doa Sebelum dan Sesudah Menerima Komuni

Minggu Adven pertama sekaligus menandai dimulainya tahun liturgi baru dan dirayakan pada hari minggu setelah Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x