Mengenal Apa Itu Omicron, Jenis Varian Baru Covid-19: Seberapa Bahaya dan Telah Menyebar di Negara Mana?

- 28 November 2021, 11:00 WIB
ILUSTRASI - Mengenal Omicron asal, tingkat bahaya, dan menyebar di negara mana saja.
ILUSTRASI - Mengenal Omicron asal, tingkat bahaya, dan menyebar di negara mana saja. /UNSPLASH/Fusion Medical Animation

BERITA DIY - Ketahui apa itu sebenarnya Omicron yang disebut sebagai varian baru dari Covid-19 yang memiliki tingkat bahaya lebih mematikan dan telah tersebar di berbagai negara.

Jenis atau varian terbaru dari Covid-19 secara resmi ditemukan dan diidentifikasikan bernama Omicron atau B.1.1.529. Adanya jenis baru ini diketahui belum lama ini ditemukan di berbagai negara.

Salah satu negara yang disebutkan sebagai tempat pertama kali Covid-19 dengan varian Omicron ini ditemukan adalah terletak di Afrika. Bahkan diketahui belum lama ini telah terdeteksi di Afrika Selatan.

Baca Juga: Apa Itu Omicron? Varian Baru Covid dari Afrika Selatan yang Punya Banyak Mutasi, Seberapa Bahaya?

Temuan mengenai adanya varian baru Covid-19 yang kemudian diidentifikasi dengan nama Omicron ini pertama kali ditemukan pada awal November 2021. Pada saat yang bersamaan diketahui beberapa orang telah terindikasi.

Diketahui berdasarkan keterangan resmi yang dirilis oleh badan kesehatan dunia atau WHO, diketahui bahwa varian Omicron sendiri hinggan 24 November 2021 telah ditemukan 3 suspect yang menderitanya.

Oleh sebab itu dengan ditemukannya varian Omicron ini, belum lama ini WHO secara resmi merilis mengenai penjelasan terkait dengan varian atau jenis terbaru dari varian tersebut melalui laman resmi mereka.

Baca Juga: Apa Itu Varian Corona Delta Plus AY.4.2 ? Berikut Penjelasan dan Cara Cegah Covid-19 Delta Plus

Lebih lanjut, mengenai rilis resmi yang dilakukan oleh WHO di laman resminya terhitung pada 26 November 2021 yang lalu. Badan otoritas kesehatan dunia tersebut memberikan berbagai informasi mengenai adanya varian Omicron tersebut.

Melalui laman resminya yaitu WHO.int resmi merilis bahwa telah ditemukan varian terbaru Covid-19 yang diidentifikasikan yaitu Omicron yang dapat diidentifikasikan dengan menggunakan tes seperti RT PCR.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x