Kapan Hari Guru Nasional 2021? Ini Sejarah, Tema Tahun Ini, dan Cara untuk Merayakan

- 23 November 2021, 12:40 WIB
Peringatan Hari Guru Nasional 2021: Kapan, Tema, Sejarah dan Cara Merayakan
Peringatan Hari Guru Nasional 2021: Kapan, Tema, Sejarah dan Cara Merayakan /https://www.kemdikbud.go.id/

BERITA DIY – Ketahui kapan peringatan Hari Guru Nasional 2021 serta sejarah, tema peringatan tahun ini dan cara yang dapat dilakukan untuk ikut merayakan Hari Guru Nasional 2021 berikut ini.

Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November, sedangkan Hari Guru Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober. Keputusan Peringatan Hari Guru ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Ditetapkannya tanggal 25 November sebagai peringatan Hari Guru Nasional tentunya merupakan perjalanan panjang yang mengandung sejarah. Berikut sejarah singkat Peringatan Hari Guru Nasional.

Baca Juga: Lirik Lagu dan Chord Kunci Gitar Hymne Guru, Lagu Wajib Peringatan Hari Guru Nasional 25 November

Peringatan Hari Guru Nasional ini memiliki kaitan erat dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

Pesatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) berdiri tahun 1912, organisasi ini berisikan guru-guru pribumi. Organisasi PGHB ini kemudian berganti pada tahun 1932 menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI), namun organisasi ini vakum pada masa penjajahan Jepang.

Setelah kemerdekaan Republik Indonesia, para guru-guru Indonesia kemudian kembali berkumpul dalam Kongres Guru Indonesia yang dilaksanakan di Surakarta pada tanggal 24-25 November 1945.

Baca Juga: Link Twibbon Hari Guru Nasional, 25 November 2021 untuk Foto Profil Instagram, WA, dan Twitter

Pada tanggal 25 November 1945 itulah terbentuk Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomo 78 tahun 1994.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x