6 Cara dan Tips Mengatasi Masalah Ngorok Saat Tidur dengan Alami Tanpa Konsumsi Obat-Obatan Kimia

- 31 Oktober 2021, 21:05 WIB
Ilustrasi cara mengatasi masalah ngorok saat tidur secara alami.
Ilustrasi cara mengatasi masalah ngorok saat tidur secara alami. /PIXABAY/xiangying_xu

BERITA DIY - Mendengkur atau ngorok merupakan kondisi ketika seseorang tidak bisa mengeluarkan udara secara bebas melalui tenggorokan dan hidung saat tidur. Hal ini menyebabkan suara nafas yang nyaring.

Suara ngorok berasal dari jaringan rileks di tenggorokan yang bergetar dan menyebabkan suara dengkuran cukup keras dan nyaring didengar. Meski orang yang mengorok tidak merasa terganggu dengan tidurnya, suara ngorok ini bisa mengganggu orang lainnya.

Selain suaranya yang mengganggu, mengorok ternyata menunjukkan atau mengindikasi kondisi tubuh yang kurang sehat. Apabila pembaca mengalami kondisi mendengkur atau ngorok saat tidur, terdapat beberapa tips untuk mengatasi hal ini.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami, Efektif Tanpa Memperparah Kondisi

Ngorok bisa menjadi indikasi gangguan Sleep apnea obstruktif (saluran udara tersumbat), masalah pada struktur mulut, hidung, atau tenggorokan atau Sleep deprivation (SD), dan gangguan kesehatan lainnya.

Cara mengatasi ngorok saat tidur dapat dilakukan dengan cara alami tanpa mengkonsumsi obat-obatan, antara lain adalah sebagai berikut:

Diet Menurunkan Berat Badan

Salah satu penyebab ngorok adalah faktor kegemukan atau obesitas. Oleh karena itu, salah satu caranya adalah dengan menurunkan berat badan menggunakan diet sehat.

Posisi Tidur Miring

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x