Cara Lapor Penyelewengan Bansos PKH 2021, Cek Penerima di Link cekbansos.kemensos.go.id

- 29 Oktober 2021, 11:32 WIB
Segera pantau dan lapor penyelewengan Bansos PKH 2021 di lingkungan anda
Segera pantau dan lapor penyelewengan Bansos PKH 2021 di lingkungan anda /Dok/kemensos.go.id

BERITA DIY - Masyarakat bisa memantau dan melaporkan penyaluran Bansos PKH 2021 yang tidak tepat. Hanya dengan cara mudah berikut ini.

Bansos PKH Tahap 4 cair pada bulan Oktober 2021. Di tengah pandemi Covid-19, banyak keluarga yang memang membutuhkanberharap bisa mendapat bantuan tunai ini.

Meski membawa manfaat terhadap keluarga yang membutuhkan, Bansos PKH justru masih sering terjadi salah penyaluran.

Baca Juga: Pastikan 3 Hal Ini agar Dapat Bansos PKH Tahap Terakhir Tahun 2021, Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

Penyaluran Bansos PKH salah sasaran ini bisa ditelisik dari kelurahan/desa yang memberikan data tidak valid ke Dinas Sosial setempat. Hal demikian berdampak pada Kementerian Sosial yang salah menetapkan keluarga layak Bansos PKH

Untuk meminimalisir penyelewengan dana Bansos PKH, Kemensos telah melakukan serangkai upaya, seperti meningkatkan transparansi. Data penerima bansos bisa dicek di www.cekbansos.kemensos.go.id

Kedua, memperkuat monitoring dan pengawasan di lapangan. Ketiga, pelibatan petugas di tingkat RT/RW, desa/kelurahan untuk pengawasan. Keempat, menguatkan pendamping sosial di masyarakat untuk dapat bekerja secara independen dan profesional.

Selain itu, Kementerian Sosial mengharapkan masyarakat juga turut aktif menyampaikan kekeliruan penyaluran Bansos PKH 2021 ini.

Baca Juga: Bansos PKH Tahap 4 Cair Oktober Ini, Simak Cara Cek di cekbansos.kemensos.go.id dan Cara Daftarnya

Bahkan, masyarakat dihimbau jangan ragu melaporkan kepada penegak hukum bila merasa atau mengendus indikasi penyaluran Bansos PKH yang salah sasaran.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Instagram @kemensosri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x