Resep dan Cara Membuat Plencing Kangkung, Hidangan Berbahan Dasar Kangkung Khas Lombok

- 19 Oktober 2021, 21:30 WIB
Resep dan cara membuat plencing kangkung, hidangan berbahan dasar kangkung khas kota Lombok.
Resep dan cara membuat plencing kangkung, hidangan berbahan dasar kangkung khas kota Lombok. /Instagram.com/@taliwangpapin

BERITA DIY – Berikut ini resep dan cara membuat Plencing Kangkung, hidangan berbahan dasar kangkung khas kota Lombok.

Jika kita makan dirumah makan yang menyajikan makanan khas kota Lombok, hidnagan ini pasti menjadi menu yang banyak dipesan selain ayam taliwang. Hidangan tersebut adalah Plencing kangkung.

Plecing Kangkung adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Lombok. Hidnagn terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat, yang dibuat dari Cabai rawit, garam, terasi dan tomat, dan kadang kala diberi tetesan jeruk limau.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Coto Makassar, Hidangan Berkuah Tradisional Khas Sulawesi Selatan

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Sroto Sokaraja, Hidangan Soto yang Dicampur dengan Bumbu Sambal Kacang

Sebagai pendamping Ayam taliwang, Plecing Kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap.

Kangkung yang digunakan untuk hidangan ini juga sangat khas, tidak seperti tanaman kangkung sayur yang misalnya lazim di Pulau Jawa, tetapi berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu, yang menghasilkan kangkung dengan batangan besar yang renyah.

Plencing Kangkung ini memiliki citarasa yang segar, gurih, pedas, dan asam. Bagi pecinta pedas dan asam, hidangan ini patut untuk dicoba.

Baca Juga: Resep Nasi Kebuli Ayam Sederhana dan Cara Membuat Pakai Rice Cooker: Mudah dan Praktis

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X