20 Oktober 2021 Memperingati Hari Apa? Ada Hari Osteoporosis Sedunia dan Libur Maulid Nabi Muhammad SAW

- 19 Oktober 2021, 20:00 WIB
ILUSTRASI - Simak sejarah Hari Osteoporosis Sedunia dan libur Nasional Maulid Nabi yang jatuh pada Rabu, 20 Oktober 2021.
ILUSTRASI - Simak sejarah Hari Osteoporosis Sedunia dan libur Nasional Maulid Nabi yang jatuh pada Rabu, 20 Oktober 2021. /PEXELS/boris-pavlikovsky

BERITA DIY - Simak sejarah peringatan Hari Osteoporosis Sedunia yang jatuh pada hari Rabu, 20 Oktober 2021. Selain momen penting tersebut terdapat hari libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW.

Hampir setiap hari terdapat kejadian yang patut diperingati oleh masyarakat, baik itu di tingkat Nasional maupun Internasional. Adapun setiap tanggal 20 Oktober merupakan momen Hari Osteoporosis Sedunia.

Sementara itu, khusus tahun 2021 pemerintah Indonesia memutuskan untuk menggeser tanggal merah Maulid Nabi menjadi tanggal 20 Oktober. Simak penjelasannya di artikel ini.

Baca Juga: 18 Oktober 2021 Memperingati Hari Apa? Ada Hari Perpustakaan Sekolah Internasional, Simak Sejarahnya di Sini

Sejarah Hari Osteoporosis Sedunia

Hari Osteoporosis Sedunia atau World Osteoporosis Day (WOD) adalah puncak kegiatan tahunan yang disponsori oleh International Osteoporosis Foundation (IOF), sebuah lembaga yang memiliki misi untuk menyadarkan masyarakat tentang bahaya keretakan tulang.

Orang yang mengidap ancaman osteoporosis rentan terhadap rapuhnya bahkan patahnya tulang. Setiap gerakan kecil yang dilakukan bisa mengancam jiwa, termasuk rasa sakit dan ketidaknyamanan yang tak berkesudahan pada bagian tulang yang tak kuat.

Disadur dari laman nationaltoday.com, sejarah Hari Osteoporosis Sedunia dimulai dari sebuah proyek National Osteoporosis Society di Inggris pada 20 Oktober 1996 yang didukung oleh Komisi Eropa.

Baca Juga: 16 Oktober 2021 Memperingati Hari Apa? Ada Hari Pangan Sedunia, Simak Sejarah dan Tema Peringatannya

Sebelum tahun 1994, orang-orang tidak menyadari osteoporosis dapat mengancam jiwa dan nyawa. Untungnya, dua organisasi melebur menjadi sebuah badan yang dikenal dengan International Osteoporosis Foundation (IOF) pada tahun 1998.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X