Apa Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil? Ini Definisi Lengkap Dzikir dengan Tulisan Arab dan Khasiat Doa

- 18 Oktober 2021, 16:10 WIB
ILUSTRASI - Definisi arti dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil lengkap tulisan Arab dan artinya serta manfaat atau khasiat doa jika dibaca umat Islam.
ILUSTRASI - Definisi arti dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil lengkap tulisan Arab dan artinya serta manfaat atau khasiat doa jika dibaca umat Islam. /PIXABAY/aamiraimer

BERITA DIY - Hasbunallah Wanikmal Wakil adalah dzikir yang punya arti, “cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami”. Apa manfaat atau khasiat setelah membacanya?

Bacaan doa dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir bisa dimaknai sevagai peringatan sekaligus anjuran umat Islam tetap bertawakal dan berserah diri kepada Allah SWT.

Sebab, hanya Allah SWT tempat umat muslim berlindung. Mengucap dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil bisa satu amalan yang bisa dilakukan. Berikut definisi lengkap dengan tulisan Arab dan artinya dalam Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Mengkafani Jenazah Laki-Laki dan Perempuan: Hukum Secara Islam, Tata Cara, Doa, dan Kriteria Kain Kafan

Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

Sebagai definisi, dzikir punya makna mengingat atau ingat. Artinya, dengan berdzikir, umat muslim senantiasa mengingat Allah SWT Maha Pencipta dan pemberi perlindungan.

Sebagaimana yang telah terangkum dalam bacaan surat Al Baqarah ayat 152, yang artinya: “(Berdzikirlah) Ingatlah kamu kepada-ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu,” (QS. Al-Baqarah: 152).

Dzikir yang kerap dilantunkan adalah "Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir". Banyak keutamaan yang didapat dengan membacanya.

Iffa Rahmatul Husnia dalam skripsi berjudul "Dzikir Hasbunallah Untuk Menumbuhkan Self Acceptance Pada Lansia di Panti Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya" mengutip Ibnu Jauzi bahwa makna "hasbunallah" adalah Allah-lah yang mencukupi segala urusan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x