Kode Plat Nomor Polisi Kendaraan di Seluruh Indonesia, Cek Daerahmu di Sini!

- 17 Oktober 2021, 20:15 WIB
ILUSTRASI - Daftar plat nomor kendaraan di Indonesia.
ILUSTRASI - Daftar plat nomor kendaraan di Indonesia. /Tangkap Layar: Korlantas.polri.go.id

BERITA DIY - Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang tertera pada plat kendaraan menjadi identitas resmi yang wajib dimiliki setiap pemilik kendaraan bermotor. Berikut kode plat nomor polisi kendaraan di seluruh Indonesia.

Nomor dan kode yang tertera pada plat pun berbeda-beda disetiap wilayahnya. Kode yang digunakan dalam plat nomor polisi (nopol) lazimnya terdiri dari gabungan dari angka dan huruf.

Tentunya huruf yang berada pada plat nomor kendaraan memiliki arti yang menjadi ciri sebuah wilayah. Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang baik, tentunya perlu untuk mengetahui kode plat nomor polisi kendaraan di seluruh wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Pelat Nomor Berwarna Hijau Apa Artinya? Ini Daftar Warna Plat Nomor di Indonesia dan Artinya

Melakukan pengecekan terhadap plat nomor menjadi salah satu hal yang pentingdan krusial. Beberapa hal khususnya adminstrasi dan perpajakan membutuhkan data menganai hal tersebut.

Data yang paling penting yang bisa didapatkan adalah mengenai pajak yang dikenakan pada kendaraan bermotor. Data tersebut akan muncul secara lengkap mulai dari riwayat hingga tunggakan pajak bermotor.

Berikut daftar kode plat nomor polisi kendaraan di Indonesia:

BL - Nanggroe Aceh Darussalam, meliputi seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

BB - Sumatera Utara, meliputi:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x