12 Cara Tidur Cepat dan Berkualitas: Mulai dari Matikan Perangkat Elektronik, Berendam hingga Baca Buku

- 15 Oktober 2021, 19:15 WIB
Ilustrasi - Cara tidur dengan cepat dan berkualitas.
Ilustrasi - Cara tidur dengan cepat dan berkualitas. /PIXABAY/xiangying_xu

BERITA DIY - Di zaman yang serba berlebihan dan multitasking ini, banyak orang merasa kesulitan tidur dan merasa tidur yang dimiliki kurang berkualitas. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar tidur dengan cepat dan berkualitas.

Dilansir dari Healthline, kebanyakan orang dewasa merasa paling baik ketika mereka tidur antara 7 dan 9 jam setiap malam. Kurang dari itu bisa mengalami efek negatif dari kurang tidur, seperti lekas marah, sistem kekebalan yang melemah, dan kehilangan memori.

Jumlah waktu tidur yang dibutuhkan setiap orang pada dasarnyya bervariasi dan didasarkan pada sejumlah faktor, termasuk usia dan genetika. Jumlah waktu tidur yang dubutuhkan dan bagaimana perasaan saat bangun tidur, bisa menjadi petunjuk untuk kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Minuman yang Membantu Tidur Lebih Nyenyak dan Bangun Pagi Lebih Segar

Sebagian besar yang mengalami kesulitan tidur juga disebabkan oleh banyaknya waktu yang terbuang sia-sia karena berbagai hal. Berikut dua belas cara yang dapat dilakukan agar dapat tidur dengan cepat dan berkualitas, dirangkum BERITA DIY dari Healthline.

  1. Beri diri waktu untuk bersantai

Cobalah beri diri cukup waktu untuk bersantai di malam hari sebelum lampu padam. Sekitar satu jam sebelum tidur, redupkan lampu, dan mulailah beralih ke rutinitas tidur seperti mencuci muka, menyikat gigi, dan mengganti pakaian kerja dengan piyama.

  1. Matikan perangkat elektronik

Matikan televisi, komputer, tablet dan telepon selama kamu tidur atau beristirahat. Emisi gelombang pendek cahaya biru buatan yang dihasilkan oleh perangkat dapay menghambat pelepasan melatonin, hormon yang menginduksi tidur.

Baca Juga: Cara Tidur Lebih Cepat dalam Waktu 1 Menit dengan Teknik Pernapasan 4-7-8

  1. Batasi konsumsi alkohol di malam hari

Konsumsi alkohol untuk jangka pendek dapat membantu tidur dengan cepat namun efek jangka panjang yang dihasilkan adalah gangguan tidur dan kualitas tidur yang buruk. Minum alkohol juga dapat membuat dehidrasi dan menyebabkan pusing atau mabuk yang memengaruhi kemampuan bangun dengan segar.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x