Resep dan Cara Membuat Coto Makassar, Hidangan Berkuah Tradisional Khas Sulawesi Selatan

- 14 Oktober 2021, 20:40 WIB
Ilustrasi Coto Makassar - Resep dan cara membuat Coto Makassar, hidangan berkuah tradisional khas daerah Sulawesi Selatan
Ilustrasi Coto Makassar - Resep dan cara membuat Coto Makassar, hidangan berkuah tradisional khas daerah Sulawesi Selatan /selerasa.com/JurnalMakassar/Alfathriawan

BERITA DIY – Berikut ini resep dan cara membuat Coto Makassar, hidangan berkuah tradisional khas daerah Sulawesi Selatan.

Siapa yang tidak tahu hidangan ini yaitu Coto Makassar. Hidangan ini merukapan salah satu hidangan nusantara yang digemari dan disukai banyak orang.

Coto Makassar merupakan makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Sroto Sokaraja, Hidangan Soto yang Dicampur dengan Bumbu Sambal Kacang

Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus.

Coto Makassar biasanya dihidangkan dalam mangkuk dan dinikmati dengan ketupat dan buras, yakni sejenis ketupat yang dibungkus daun pisang.

Coto Makassar diperkirakan telah ada semenjak masa Kerajaan Gowa di abad ke-16. Dahulu hidangan coto bagian daging sapi sirloin dan tenderloin hanya disajikan untuk disantap oleh keluarga kerajaan.

Baca Juga: Resep Nasi Kebuli Ayam Sederhana dan Cara Membuat Pakai Rice Cooker: Mudah dan Praktis

Sementara bagian jeroan disajikan untuk masyarakat kelas bawah atau abdi dalem pengikut kerajaan.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x