Solusi NIK KTP Tak Terdaftar Dukcapil, Ini Cara Mengatasi Secara Online

- 11 Oktober 2021, 15:29 WIB
ILUSTRASI - Ketahui solusi saat NIK KTP tak terdaftar Dukcapil dan cara mengatasi online.
ILUSTRASI - Ketahui solusi saat NIK KTP tak terdaftar Dukcapil dan cara mengatasi online. /BERITA DIY/Fahri Hilmi

BERITA DIY - Ketahui solusi jika NIK KTP tidak terdaftar saat melakukan pengecekan pada dukcapil. Simak solusi tersebut yang dapat dilakukan secara online melalui artikel ini.

Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang terdapat dalam KTP merupakan suatu nomor yang penting dan harus dimiliki oleh seluruh penduduk di Indonesia.

Dengan NIK yang terdapat pada KTP sendiri memiliki hal-hal yang penting dan dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. Berbagai kepentingan yang dapat dilakukan seperti hal-hal administratif yang penting.

Baca Juga: Segera Cek NIK KTP di eform.bri.co.id atau banpresbpum.id agar Dapat BPUM Rp1,2 Juta yang Cair Oktober 2021

Meski demikian, terkadang NIK KTP tidak muncul atau tidak terdaftar disaat masyarakat melakukan pengecekan yang dilakukan sebelumnya. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi masyarakat pemilik NIK tersebut.

Namun masyarakat tak perlu khawatir akan kesulitan menemukan solusi saat NIK KTP tidak terdaftar pada data Dukcapil. Sebab hal itu dapat diatasi dengan melakukan pelaporan yang dapat dilakukan secara online.

Pasalnya Dukcapil telah menyediakan beberapa cara yang dapat diakses masyarakat secara daring atau online sebagai solusi saat NIK KTP tidak terdaftar pada saat pengecekan.

Baca Juga: 6 Cara Cek NIK EKTP Secara Online, Pakai WhatsApp dan Tanpa Perlu Ke Dukcapil

Sebelumnya, para masyarakat dapat melakukan pengecekan NIK KTP apakah terdaftar atau tidak pada Dukcapil dan dapat dilakukan secara online dengan melakukan berbagai cara yang diberikan.

Untuk melakukan pengecekan masyarakat dapat melakukannya melalui laman resmi yang telah disiapkan oleh disdukcapil yaitu dukcapil.kemendagri.go.id. dan pilih menu untuk pencarian NIK KTP Anda.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x