Mudah! Ini Cara Cek Imei HP Android dan iPhone, Serta Ketahui Legalitas di Laman Resmi Kemenperin

- 6 Oktober 2021, 13:46 WIB
ILUSTRASI - Cara cek Imei di HP Android, iPhone dan laman Kemenperin.
ILUSTRASI - Cara cek Imei di HP Android, iPhone dan laman Kemenperin. /PEXELS/Lisa

BERITA DIY - Simak cara cek Imei HP yang dapat dilakukan untuk jenis Android dan iPhone. Serta ketahui apakah nomor tersebut terdaftar secara resmi di Kemenperin atau tidak.

Salah satu hal yang penting untuk diketahui adalah dengan mengetahui nomor Imei yang dimiliki oleh perangkat masing-masing HP. Namun untuk mengetahuinya tak perlu repot sebab dapat diketahui dengan mudah.

Dengan mengetahui nomor Imei pada HP maka Anda juga akan mengetahui legalitas dari ponsel tersebut. Sebab hal ini dapat menghindarkan Anda dari bahaya pembajakan maupun seri black market.

Baca Juga: Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI Tanpa Email, Aplikasi dan Online: Android Vivo, Samsung hingga Xiaomi Bisa!

Nomor Imei ini dimiliki oleh setiap HP tanpa terkecuali mulai dari HP dengan seri Android maupun iPhone. Pasalnya Imei sendiri memang diberlakukan bagi setiap HP untuk mengidentifikasinya.

Pemerintah Indonesia sendiri juga mengatur mengatur mengenai nomor Imei pada HP ini. Melalui Kemenperin masyarakat dapat mengetahui apakah Imei yang dimiliki telah terdaftar atau tidak.

Sebab jika tak terdaftar dalam laman pencarian yang telah dimiliki oleh Kemenperin, maka mengindikasikan bahwa Imei HP milik Anda merupakan ilegal dan tak diketahui asal barang masuk ke Indonesia.

Baca Juga: Cara Melacak HP yang Hilang dengan Menggunakan IMEI Melalui Berbagai Aplikasi

Sebelum melakukan cek resmi atau tidak Imei HP melalui laman Kemenperin, Anda harus terlebih dahulu mengetahui nomor tersebut. Hal ini dapat diketahui dengan mudah melalui ponsel yang dimiliki.

Berikut merupakan cara cek Imei untuk HP Android dan iPhone:

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x