Resep dan Cara Membuat Tempe Kemul, Makanan Tempe yang Dibalut Tepung Tapioka Khas Wonosobo

- 4 Oktober 2021, 19:06 WIB
Resep dan cara membuat Tempe Kemul khas Wonosobo.
Resep dan cara membuat Tempe Kemul khas Wonosobo. /KABAR WONOSOBO/Erwin Abdillah

BERITA DIY – Berikut ini resep dan cara membuat Tempe Kemul, makanan berupa tempe yang digoreng dengan kombinasi tepung tapioka khas kota Wonosobo.

Mungkin bagi beberapa masyarakat bertanya-tanya apa itu Tempe Kemul? Akan tetapi bagi orang asli Wosobo atau orang yang sering ke kota Wonosobo pasti sudah tahu tentang Tempe Kemul.

Tempe Kemul merupakan  makanan ringan yang terbuat dari tempe yang digoreng dengan dibalut gandum, pati/tepung singkong juga tepung beras dan biasanya ditambah daun kucai untuk pelengkap. Kemul dalam bahasa Jawa berarti selimut.

Baca Juga: Cara Membuat Permen Dalgona di Drakor Squid Game: Lengkap dengan Bahan dan Resep Mudah

Makanan ini umumnya disuguhkan dalam keadaan panas. Di beberapa daerah, tempe kemul dikenal dengan istilah tempe mendoan, hanya saja kalau mendoan umumnya dimasak dalam keadaan setengah matang dan tempe kemul sendiri ada tambahan kunyit untuk pewarna kuning.

Di daerah Wonosobo, Tempe Kemul biasanya banyak dijual di kaki lima maupun di tempat makan. Hidangan ini biasanya disantap dengan semangkuk bakso atau semangkuk mie ongklok khas Wonosobo.

Berikut resep dan cara membuat Tempe Kemul, makanan berbahan tempe yang digoreng menggunakan tepung khas kota Wonosobo, antara lain:

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Permen Dalgona Jajanan Lawas Korea Selatan, Rasakan Sensasi Tantangan Squid Game

Bahan yang Disiapkan

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x