Sejarah dan Makna Peringatan Hari Hewan Sedunia, 4 Oktober 2021: Dorongan Perlindungan Hewan Secara Global

- 4 Oktober 2021, 10:10 WIB
Ilustrasi hewan anjing, sejarah peringatan Hari Hewan Sedunia yang jatuh pada 4 Oktober 2021 dan makna dibaliknya.
Ilustrasi hewan anjing, sejarah peringatan Hari Hewan Sedunia yang jatuh pada 4 Oktober 2021 dan makna dibaliknya. /pixabay/huoadg5888

BERITA DIY - Peringatan Hari Hewan Sedunia atau World Animal Day jatuh pada tanggal 4 Oktober 2021 untuk mendorong masyarakat menghargai keberadaan hewan atau satwa secara global.

Hari hewan sedunia pertama kali diperingati pada tahun 1925 dan dicetuskan oleh seorang penulis dan aktivis perlindungan hewan, Heinrich Zimmermann hingga mendapat perhatian banyak masyarakat.

Awalnya, perayaan Hari Hewan Sedunia diperingati pada tanggal 24 Maret 1925 yang digelar di Sport Palace, Berlin. Kegiatan tersebut menarik perhatian kurang lebih 5000 pengunjung yang hadir.

Baca Juga: Sejarah Hari Ozon Internasional, 16 September 2021: Fungsi dan Dampak Kerusakan Lapisan Pelindung Bumi

Sementara itu, saat ini tanggal peringatan Hari Hewan Sedunia tersebut dirayakan pada 4 Oktober 2021. Lantas bagaimana sejarah penetapan Hari Hewan Sedunia dan apa makna dari peringatan ini bagi perlindungan satwa?

Artikel ini akan memberikan informasi seputar sejarah dan makna Hari Hewan Sedunia yang diperingati hari ini tanggal 4 Oktober 2021 secara global.

Sejarah Hari Hewan Sedunia

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, gagasan Hari Hewan Sedunia yang dicetuskan oleh Heinrich Zimmermann mendapatkan respon positif dari masyarakat yang menyambut gerakan ini sebagai dorongan untuk melindungi hewan.

Baca Juga: Sejarah dan Tema Hari Perdamaian Internasional, 21 September 2021: Semangat Berakhirnya Perang dan Kekerasan

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x