5 Manfaat Makanan Pedas yang Baik untuk Kesehatan, Penyuka Pedas Wajib Tahu

- 16 September 2021, 18:50 WIB
ILUSTRASI - Makanan pedas dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
ILUSTRASI - Makanan pedas dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. /PIXABAY/RitaE

BERITA DIY - Makanan pedas merupakan salah satu rasa dari makanan yang digemari oleh sebagian orang namun juga dihindari oleh sebagian orang pula. Simak lima manfaat makanan pedas bagi kesehatan yang perlu diketahui.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa makanan pedas yang dimaksud dalam artikel ini bukan hanya makanan pedas yang cita rasa pedasnya hanya dihasilkan oleh cabai, namun juga rempah-rempah lainnya. 

Rasa pedas yang yang tidak hanya dihasilkan dari capsaicin yang ditemukan dalam capai memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa bumbu yang dapat menghasilkan rasa pedas dan nikmmat serta sehat bagi tubuh adalah kayu manis, kunyit, bawang putih, jahe dan jinten. 

Baca Juga: Perbedaan Vegan dan Vegetarian: Ini Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan

Bagi seseorang yang tidak suka pedas, terdapat setidaknya lima alasan kuat untuk mempertimbangkan kembali menambahkan sedikit bumbu pedas ke makanan.

Berikut lima manfaat mengonsumsi makanan pedas bagi kesehatan dirangkum BERITA DIY dari Healthline.

  • Makanan pedas membuat umur panjang

Menurut sebuah studi besar tahun 2015 oleh Harvard and China National Center for Disease Control and Prevention, makan makanan pedas enam atau tujuh hari dalam seminggu bahkan hanya sekali sehari dapat menurunkan tingkat kematian sebesar 14 persen.

  • Makanan pedas mempercepat metabolisme tubuh

Data dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa rempah-rempah tertentu seperti jinten, kayu manis, kunyit, paprika, dan cabai dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan memperlambat nafsu makan. 

Baca Juga: Manfaat Jus Nanas Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Ini Penjelasannya

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x