Cara Buat Watermark untuk KTP Lewat Berbagai Aplikasi di HP Agar Data Tidak Disalahgunakan

- 15 September 2021, 14:45 WIB

BERITA DIY - Keamanan data pribadi menjadi hal yang penting agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Salah satu data pribadi yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanannya adalah Kartu Tanda Penduduk atau KTP.

Untuk menjaga keamanan KTP dapat dilakukan dengan menggunakan atau menambahkan watermark pada kartu yang berisi data pribadi tersebut. 

Dengan menggunakan atau menambahkan watermark pada kartu KTP yang Anda miliki akan membantu dalam mengamankan data yang ada di dalamnya. Meskipun tak dapat dipastikan secara jelas namun paling tidak dapat meminimalisirnya.

Baca Juga: Wajib Tahu! Cara Membuat Watermark di File Scan KTP agar Data Diri Tidak Disalahgunakan

Beberapa kasus sering ditemukan penyalahgunaan data yang ada di dalam KTP. Dengan adanya penyalahgunaan tersebut membuat kerugian materiil dari pemilik data asli yang datanya disalahgunakan.

Salah satu yang banyak disalahgunakan adalah data KTP yang digunakan untuk mendaftar pinjaman online, sehingga sang pemilik pun merasa dirugikan karena tidak pernah merasa telah melakukan pendaftaran pinjaman.

Untuk menghindari berbagai penyalahgunaan data di dalam KTP, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menambahkan watermark pada foto KTP yang Anda miliki.

Baca Juga: Cara Membuat Watermark pada Scan KTP agar Data Pribadi Tetap Aman dan Tidak Disalahgunakan

Lebih lanjut, untuk membuat watermark tersebut dapat dilakukan dengan mudah menggunakan berbagai aplikasi yang ada di dalam HP milik Anda. Berbagai aplikasi tersebut dapat diunduh di Playstore bagi pengguna Android dan Apple Store bagi pengguna iPhone.

Berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat watermark tersebut seperti PicsArt, Photogrid, hingga Canva. Cara yang lain yang dapat digunakan untuk menambahkan watermark adalah menggunakan fitur Instagram Story.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X