5 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan: dari Mengatasi Penyakit Perut hingga Mengurangi Mual

- 11 September 2021, 19:25 WIB
Ilustrasi Kunyit. Ini lima manfaat kunyit yang dapat mengatasi masalah penyakit pada perut kita, salah satunya mengatasi diare.
Ilustrasi Kunyit. Ini lima manfaat kunyit yang dapat mengatasi masalah penyakit pada perut kita, salah satunya mengatasi diare. /Pixabay/NirmalSarkar

BERITA DIY – Berikut lima manfaat kunyit yang dapat mengatasi masalah penyakit pada perut kita, salah satunya mengatasi diare.

Kunyit atau Kunir merupakan termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara.

Sedangkan menurut KBBI Bahasa Indonesia, Kunyit adalah tumbuhan, suku Zingiberaceae, marga Curcuma, banyak digunakan dalam masakan.

Baca Juga: 8 Manfaat Olahraga Basket untuk Kesehatan Fisik dan Mental: Baik untuk Jantung dan Menurunkan Stres

Misalnya sebagai bumbu penyedap, pemberi warna kuning, dan dapat membuat makanan lebih awet, dapat juga digunakan sebagai obat, kunir, kurkuma〔Curcuma domestica〕.

Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau obat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan seperti pemakaian dalam perawatan kulit dan wajah.

Produk farmasi berbahan baku kunyit, mampu bersaing dengan berbagai obat paten, misalnya untuk peradangan sendi (arthritis-rheumatoid) atau osteo-arthritis berbahan aktif natrium deklofenak, piroksikam, dan fenil butason dengan harga yang relatif mahal atau suplemen makanan (Vitamin-plus) dalam bentuk kapsul.

Baca Juga: Manfaat Jus Nanas Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Ini Penjelasannya

Kunyit juga digunakan sebagai obat anti gatal, anti septik dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: The Healthy


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x