Bansos Sembako BPNT Cair Bulan September 2021, Ikuti Cara Daftar Penerima Bantuan di Aplikasi Cek Bansos

- 10 September 2021, 11:10 WIB
Ilustrasi dana non tunai bansos sembako BPNT dari Kemensos yang cair bulan September 2021 dan cara daftar penerima di menu Usul aplikasi Cek Bansos.
Ilustrasi dana non tunai bansos sembako BPNT dari Kemensos yang cair bulan September 2021 dan cara daftar penerima di menu Usul aplikasi Cek Bansos. /PIXABAY/EmAji

BERITA DIY - Bantuan sosial Kemensos berupa bansos sembako BPNT(Bantuan Pangan Non Tunai) dijadwalkan cair bulan September 2021 ini kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar di link cekbansos.kemensos.go.id atau aplikasi Cek Bansos.

KPM yang belum masuk daftar penerima bansos sembako BPNT dapat mendaftarkan diri atau orang lain sebagai penerima usulan di aplikasi Cek Bansos jika telah memenuhi syarat penerima bantuan.

Syarat penerima bansos sembako BPNT adalah Warga miskin atau rentan miskin yang terdampak pandemi Covid-19. Selain itu, KPM juga tidak termasuk golongan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri.

Baca Juga: Aplikasi Cek Bansos untuk Cek Penerima dan Status Bansos Sembako BPNT yang Cair September 2021

Masyarakat yang memenuhi kriteria di atas atau sebelumnya telah memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dapat mengajukan usulan di menu Usul aplikasi Cek Bansos agar dapat masuk ke Daftar Penerima Manfaat (DPM) bansos sembako BPNT.

Cara untuk mendaftar penerima bansos sembako BPNT di menu Usul aplikasi Cek Bansos dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Download aplikasi Cek Bansos.
  2. Buat akun baru atau user ID.
  3. Login menggunakan user ID yang sudah diaktivasi dan diverivikasi oleh admin Kemensos.
  4. Masuk menu Tanggapan Kelayakan.
  5. Pilih menu Usul.
  6. Lengkapi data pengusul untuk mendapatkan bansos sembako BPNT Rp400 ribu.

Baca Juga: Cara Usul Penerima Bansos Sembako BPNT untuk KPM yang Tak Terdaftar di Link Online dan Aplikasi Cek Bansos

Aplikasi Cek Bansos disediakan Kemensos untuk melakukan cek nama penerima, mendaftarkan diri, dan melaporkan penerima bansos sembako BPNT yang tidak sesuai dengan kriteria KPM.

Sebagai informasi, nominal bansos sembako BPNT yang cair bulan September 2021 belum diumumkan oleh Kemensos. Meski demikian, pada penyaluran bulan Juli dan Agustus 2021, bansos sembako BPNT cair dengan nilai Rp400 ribu.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x