Mengenal Arti Warna Barcode pada Aplikasi PeduliLindungi, Mulai dari Merah, Kuning, dan Hijau

- 6 September 2021, 14:05 WIB
ILUSTRASI - Makna atau arti warna barcode scan QR PeduliLindungi.
ILUSTRASI - Makna atau arti warna barcode scan QR PeduliLindungi. /ANTARA FOTO/Makna Zaezar

BERITA DIY - Ketahui arti warna barcode yang muncul saat scan kode QR di aplikasi PeduliLindungi secara lengkap mulai dari hijau, kuning, dan juga merah.

Scan kode QR menjadi hal yang penting dan harus dilakukan oleh masyarakat yang beraktivitas di luar rumah. Setelah melakukan hal itu maka akan muncul tanda warna barcode.

Meski demikian masih jarang masyarakat yang mengetahui arti warna barcode yang muncul setelah melakukan scan kode QR. Padahal setiap warna tersebut memiliki arti masing-masing.

Baca Juga: Link Download dan Fitur Aplikasi PeduliLindungi yang Belum Banyak Diketahui, Bukan Cuma Cek Sertifikat Vaksin

Untuk mengetahui arti dari warna barcode yang muncul setelah melakukan scan kode QR, Anda tak perlu khawatir. Sebab melalui artikel ini akan dijelaskan mengenai arti dari setiap warna yang muncul.

Mengutip dari pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi, masing-masing warna yang terdapat setelah melakukan scan kode QR atau barcode.

Terdapat 3 warna yang akan muncul setelah meakukan scan kode QR atau barcode pada aplikasi PeduliLindungi. Warna-warna yang akan muncul tersebut seperti hijau, kuning, dan merah.

Baca Juga: Syarat Terbaru Naik Pesawat dan Kereta Api: Wajib Punya Aplikasi PeduliLindungi

Lebih lanjut, bila setelah melakukan pemindain kode QR akan muncul warna merah, maka Anda tidak dapat melakukan aktivitas di suatu tempat tersebut. Pasalnya warna itu memiliki arti bahwa seorang tersebut memiliki kasus Covid-19.

Warna merah tersebut juga menunjukkan bahwa seseorang itu memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Sehingga dikhawatirkan terdapat virus yang belum terdeteksi yang ada dalam tubuhnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x