Bansos Sembako BPNT Kembali Cair September 2021, Cara Cairkan dan Cek Penerima Online di Link Cek Bansos

- 1 September 2021, 17:14 WIB
Ilustrasi dana bantuan sosial atau bansos sembako BPNT yang cair dari Kemensos dalam bentuk non tunai bulan September 2021 ke KPM yang terdaftar di link cekbansos.kemensos.go.id.
Ilustrasi dana bantuan sosial atau bansos sembako BPNT yang cair dari Kemensos dalam bentuk non tunai bulan September 2021 ke KPM yang terdaftar di link cekbansos.kemensos.go.id. /Pixabay.com/Emaji

BERITA DIY - Bantuan sosial non tunai atau bansos sembako BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) akan memasuki penyaluran bulan September 2021. Kemensos akan mencairkan bansos sembako BPNT setiap bulannya mulai Januari sampai desember 2021 mendatang.

Bansos sembako BPNT sesuai namanya akan cair dalam bentuk non tunai. Cara mencairkan bansos sembako BPNT adalah dengan datang ke agen E-Warong (Elektronik Warung Gotong Royong) terdekat membawa kartu sembako.

Penyaluran bansos sembako BPNT masih sama yakni disalukan oleh bank Himbara BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. Bansos sembako BPNT dari Kemensos hanya akan cair setiap bulannya sebanyak satu kali cair.

Baca Juga: Cara Daftar Bansos Sembako BPNT Rp400 Ribu di Menu Usul Aplikasi Cek Bansos dan Cara Sanggah Kelayakan

Daftar penerima bansos sembako BPNT dapat diketahui setelah melakukan cek di link cekbansos.kemensos.go.id dengan memasukkan nama serta alamat lengkap sesuai eKTP. Selain untuk cek bansos sembako BPNT, link cekbansos.kemensos.go.id juga ditujukan untuk cek penerima bansos tunai (BST) dan bansos Program Keluarga Harapan (PKH).

Simak cara berikut ini untuk cek daftar penerima bansos sembako BPNT di link cekbansos.kemensos.go.id:

  1. Buka link online cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  3. Masukan nama lengkap sesuai dengan KTP.
  4. Masukan kode verifikasi yang tertera, dan tekan ‘refresh’ jika kode yang muncul kurang jelas.
  5. Tekan tombol ‘Cari Data’.

Baca Juga: Cara Cek KPM Penerima Bansos Sembako BPNT Rp400 Ribu di Link cekbansos.kemensos.go.id Pakai eKTP

Saat ini, Kemensos telah mempermudah masyarakat untuk ikut mengawal penyaluran bansos sembako BPNT dan bansos lainnya dari Kemensos dengan meluncurkan aplikasi Cek Bansos.

Aplikasi Cek Bansos dapat diunduh atau didownload dari Play Store secara gratis oleh masyarakat. Aplikasi ini menyediakan dua menu utama yakni Usul dan Sanggah yang dapat digunakan untuk mendaftar bansos dan melaporkan penyaluran bansos yang tidak tepat.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x