6 Cara untuk Menjaga Kesehatan Ginjal: Hati-hati! Nomor 5 dan 6 Sering Diabaikan

- 30 Agustus 2021, 20:20 WIB
Ilustrasi: Cara Menjaga Kesehatan Ginjal.
Ilustrasi: Cara Menjaga Kesehatan Ginjal. /pixabay/ mohamed_hassan

BERITA DIY - Menjaga kesehatan ginjal penting untuk kesehatan tubuhsecara keseluruhan. Ketahui enam cara mudah menjaga kesehatan ginjal yang sering kali diabaikan.

Ginjal adalah organ seukuran kepalan tangan yang terletak di bagian bawah tulang rusuk, di kedua sisi tulang belakang. Ginjal juga bertanggung jawab untuk mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot.

Ginjal berfungsi menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah. Produk limbah ini disimpan di kandung kemih Anda dan kemudian dikeluarkan melalui urin.

Baca Juga: Mengenal Gejala Batu Ginjal Seperti yang Dialami Ashanty

Ginjal juga berfungsi mengatur kadar pH garam dan kalium dalam tubuh, menghasilkam hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah. Dengan menjaga kesehatan ginjal Anda, tubuh Anda akan menyaring dan membuang limbah dengan baik dan menghasilkan hormon untuk membantu tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips atau cara untuk membantu menjaga kesehatan ginjal dirangkum BERITA DIY dari Healthline.

1. Olahraga dengan teratur

Olahraga teratur dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Olahraga juga dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung untuk mencegah kerusakan ginjal.

Cobalah olahraga seperti berjalan, berlari, bersepeda dan menari akan sangat bagus untuk kesehatan Anda.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x