Bacaan Doa dan Dzikir Hari Asyura 10 Muharram Lengkap dengan Keutamaan: Latin, Arab, dan Arti Bahasa Indonesia

- 19 Agustus 2021, 14:05 WIB
ILUSTRASI - Keutamaan serta bacaan doa dan dzikir hari Asyura 10 Muharram.
ILUSTRASI - Keutamaan serta bacaan doa dan dzikir hari Asyura 10 Muharram. /PEXELS/baybiyik

BERITA DIY - Simak bacaan doa dan dzikir hari Asyura 10 Muharram dalam bahasa Arab, latin, dan juga arti dalam Bahasa Indonesia serta keutamaan yang dimiliki amalan tersebut.

Salah satu hari yang istimewa bagi ummat Islam adalah hari Asyura atau yang bertepatan dengan 10 Muharram dalam penanggalan Hijriah. Berbagai keutamaan dimiliki hari tersebut oleh sebab itu dianjurkan untuk melakukan puasa maupun doa dan dzikir.

Pada hari Asyura memang merupakan salah satu hari di bulan Muharram yang mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT. Sehingga beberapa amalan seperti puasa, doa, dan dzikir dianjurkan untuk dilakukan pada hari ini.

Baca Juga: Niat Puasa Tasua dan Asyura, Simak Jadwal Puasa Bulan Muharram Agustus 2021 Ini

Jadwal masuknya hari Asyura 10 Muharram sendiri bertepatan dengan tanggal 19 Agustus 2021 dalam penanggalan masehi. Oleh karenanya pada tanggal tersebut ummat Islam melaksanakan berbagai amalan yang diperintahkan.

Berbagai amalan memang diperintahkan untuk dilakukan oleh ummat Islam pada hari Asyura 10 Muharram seperti, amalan paling utama adalah puasa sunnah Asyura. Selain itu sepanjang hari ummat Islam juga dianjurkan untuk melakukan dzikir serta doa.

Amalan doa dan dzikir pada hari Asyura 10 Muharram dapat dilaksanakan oleh ummat Islam disela-sela menjalankan aktivitas, syaratnya ummat Islam harus dalam keadaan suci dan dengan niat yang baik.

Baca Juga: Niat Puasa Asyura Lengkap Arab, Latin, dan Artinya, Simak Pula Tanggal Pelaksanaannya

Sebelum melafazkan doa Asyura, ummat Islam diperintahkan untuk melakukan dzikir pada hari Asyura 10 Muharram. Dianjurkan untuk membaca dzikir dan istighfar sebanyak 70 kali, hal ini dilakukan untuk meminta ampun kepada Allah atas segala dosa-dosa yang dilakukan.

Amalan dzikir dan istighfar sebanyak 70 kali ini telah dilakukan oleh para ummat Islam terdahulu, sehingga melakukan dzikir dan istighfar pada hari Asyura sangat dianjurkan oleh para ulama kepada segenap ummat Islam.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x