Arti Ya Hayyu Ya Qayyum dalam Al Quran, dan Keutamaan Dzikir dan Doa Asmaul Husna Ini Jika Dibaca 1000 Kali

- 14 Agustus 2021, 13:01 WIB
ILUSTRASI - Berdoa Ya Hayyu Ya Qayyum adalah dzikir dan doa Asmaula Husna, ini arti dalam Al Quran, keutamaan dan waktu yang pas untuk melantunkannya.
ILUSTRASI - Berdoa Ya Hayyu Ya Qayyum adalah dzikir dan doa Asmaula Husna, ini arti dalam Al Quran, keutamaan dan waktu yang pas untuk melantunkannya. /PIXABAY/aamiraimer

BERITA DIY - Doa atau dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum adalah salah satu lafadz yang baik untuk dibaca umat Islam, dengan menyebut nama Allah SWT. Apa arti dalam Al Quran dan keutamaannya? Simak berikut ini.

Dalam dzikir, umat Islam dianjurkan untuk menyebut 99 nama baik Allah SWT yang dinamakan dengan Asmaul Husna. Ada keutamaan bagi yang mengamalkannya dalam tiap dzikir dan doa, termasuk pada Ya Hayyu Ya Qayyum.

Mengenai Asmaul Husna yang baik dalam doa dan dzikir, Allah SWT berfiman dalam Surat Al-A’raf ayat 180 yang berbunyi:

Baca Juga: Doa Akhir Tahun dan Awal Hijriyah Kapan Dibaca, Ini Penjelasan Lengkap dengan Latin dan Arti Bahasa Indonesia

وَلِلّٰهِ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى فَادۡعُوۡهُ بِهَا‌ ۖ وَذَرُوا الَّذِيۡنَ يُلۡحِدُوۡنَ فِىۡۤ اَسۡمَآٮِٕهٖ‌ ؕ سَيُجۡزَوۡنَ مَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ

"Dan Allah memiliki Asmaul Husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asmaul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan."

Adapun keutamaan berdoa dan dzikir dengan melafadzkan Asmaul Husna adalah agar umat Islam dapat menentramkan hatinya, menambah keimanannya, menumbuhkan rasa takut kepada Allah, dan menggerakan hatinya untuk beramal baik.

Baca Juga: Doa Awal Tahun Hijriyah 1443 H 10 Agustus 2021: Arab, Latin, dan Artinya Bahasa Indonesia

Keutamaan dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x