Daftar Puasa Sunnah di Bulan Muharram Beserta Dalil dan Keutamaannya

- 6 Agustus 2021, 09:09 WIB
ILUSTRASI - Hadits atau dalil serta keutamaan  puasa sunnah bulan Muharram.
ILUSTRASI - Hadits atau dalil serta keutamaan puasa sunnah bulan Muharram. /Pixabay/john1cse

BERITA DIY - Ketahui daftar puasa sunnah di bulan Muhharram yang dapat diamalkan  setelah pergantian tahun Hijriyah atau tahun baru Islam yang dapat dilakukan oleh ummat Islam.

Tak hanya satu amalan saja, ummat Islam dianjurkan untuk melaksanakan beberapa puasa sunnah di bulan Muharram untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Amalan-amalan puasa sunnah di bulan Muharram merupakan amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW melalui hadits atau dalil yang diriwayatkan. Di dalamnya terdapat berbagai keutamaan yang bisa didapatkan oleh ummat Islam.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah, Serta Bacaan Doa Menyambutnya

Terdapat beberapa amalan puasa sunnah di bulan Muharram yang dapat dilakukan oleh ummat Islam. Amalan-amalan tersebut seperti puasa Tasua, Puasa Asyuro, serta Puasa 11 Muharram.

Ketiga amalan puasa sunnah di bulan Muharram ini merupakan serangkaian amalan yang saling bersangkutan. Dimulai dengan menjalankan puasa Tasua, dilanjutkan dengan Puasa Asyuro dan Puasa Muharram. 

Ketiga puasa sunnah di bulan Muharram tersebut memiliki keutamaan yang juga saling bersangkutan. Keutamaan-keutamaan tersebut terdapat dalam Puasa Tasua, Puasa Asyuro, dan Puasa 11 Muharram.

Baca Juga: Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1442 H, Malam 1 Suro Tanggal Berapa?

Serangkaian puasa sunnah di bulan Muharram tersebut memiliki keutamaan yang sama. Sebab Allah menjanjikan bahwa berpuasa di bulan Muharram maka akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Keutamaan ini memiliki dalil atau hadits sebagai dasarnya yaitu yang diriwayatkan oleh Imam Nasai yaitu:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X