8 Efek Samping Vaksin Covid-19: Mulai dari Kelelahan sampai Nyeri, Ketahui dan Tak Perlu Panik

- 4 Agustus 2021, 17:00 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. Berikut ini efek samping setelah vaksin Covid-19. Mulai dari kelelahan sampai nyeri otot. Ketahui efeknya dan tak perlu panik.
Ilustrasi vaksin Covid-19. Berikut ini efek samping setelah vaksin Covid-19. Mulai dari kelelahan sampai nyeri otot. Ketahui efeknya dan tak perlu panik. /Instagram.com/@kemenkes_ri

BERITA DIY - Berikut ini efek samping setelah vaksin Covid-19. Saat ini, di seluruh dunia termasuk Indonesia, vaksinasi Covid-19 sedang gencar dilaksanakan.

Pemberian vaksin bermanfaat untuk membuat sistem kekebalan dalam tubuh. Setelah vaksinasi tidak menjamin bahwa akan terhindar dari virus Covid-19. Namun dengan vaksin, gejala yang ditumbulkan apabila terinfeksi Covid-19 menjadi lebih ringan.

Seperti vaksin apa pun, vaksin Covid-19 dapat menyebabkan efek samping jangka pendek yang ringan, seperti demam ringan atau nyeri atau kemerahan di tempat suntikan. Sebagian besar reaksi terhadap vaksin bersifat ringan dan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Baca Juga: Simak Link dan Cara Daftar Vaksin Covid-19 Online di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan Bandung

Efek samping vaksin yang lebih serius atau bertahan lama mungkin terjadi tetapi sangat jarang.

 

Dirangkum BERITA DIY dari berbagai sumber pada Rabu, 4 Agustus 2021 berikut ini efek samping vaksin Covid-19 yang harus diketahui:

1. Kelelahan

Kelelahan menjadi salah satu efek samping sesaat setelah vaksinasi. Kelelahan banyak ditemukan pada seseorang yang telah divaksin.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X