Tahun Baru Islam 2021: Amalan Sunnah Bulan Muharram dan Keutamaannya

- 2 Agustus 2021, 13:47 WIB
Amalan atau ibadah pada bulan Muharram serta keutamaan di dalamnya.
Amalan atau ibadah pada bulan Muharram serta keutamaan di dalamnya. /UNSPLASH/katekerdi

BERITA DIY - Menjelang tahun baru Islam 2021, ketahui beberapa amalan atau ibadah yang dianjurkan pada bulan Muharram serta keutamaan dalam melakukannya melalui artikel ini. 

Momen tahun baru Islam bukan hanya dimaknai pergantian waktu. Namun juga terdapat berbagai amalan atau ibadah sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh ummat Islam.

Beragam amalan sunnah atau ibadah tersebut dianjurkan untuk dilakukan pada saat tahun baru Islam maupun pada bulan Muharram. Beragam amalan tersebut memiliki masing-masing keutamaan yang bisa didapatkan bagi yang menjalankannya.

Baca Juga: Bacaan Doa Akhir Tahun Hijriyah dan Kapan Awal Tahun 1 Muharram 1443 H?

Pergantian tahun dalam kalender Hijriyah atau sering disebut tahun baru Islam sebentar lagi akan diperingati oleh segenap ummat Islam. Dalam peringatannya ummat Islam dianjurkan untuk melaksanakan berbagai amalan sunnah.

Berbagai amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum maupun sesudah tahun baru Islam. Amalan yang dianjurkan untuk dilakukan sebelumnya adalah dengan melaksanakan doa akhir tahun.

Dengan melaksanakan doa akhir tahun, ummat Islam diharapkan dapat mengintrospeksi diri dengan berbagai hal yang telah dilewati sepanjang tahun yang telah berlalu. Setelah itu, juga terdapat amalan doa awal tahun.

Baca Juga: Tahun Baru Islam 2021 dan Amalan yang Dianjurkan di Bulan Muharram

Dengan melaksanakan amalan doa awal tahun, Ummat Islam dapat mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan selama setahun. Selain iu, juga sebagai sarana untuk meminta pertolongan Allah SWT dalam menghadapi tahun yang baru.

Lebih lanjut, berbagai amalan juga dianjurkan dalam bulan pertama tahun baru Islam yaitu bulan Muharram. Amalan-amalan sunnah yang dianjurkan adalah dengan melakukan puasa.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x