Bacaan Doa Akhir Tahun Hijriyah dan Kapan Awal Tahun 1 Muharram 1443 H?

- 29 Juli 2021, 12:15 WIB
Ketahui doa akhir tahun Hijriah serta tanggal tahun baru Islam 1 Muharram
Ketahui doa akhir tahun Hijriah serta tanggal tahun baru Islam 1 Muharram /PIXABAY/aamiraimer

BERITA DIY - Berikut bacaan doa akhir tahun Hijriyah dan tanggal awal tahun 1 Muharram 1443 H berdasar penanggalan masehi yang harus anda ketahui.

Ummat Islam di seluruh dunia sebentar lagi akan memasuki pergantian tahun Hijriah. Pergantian tahun atau tahun baru Islam memiliki makna yang besar bagi ummat Islam.

Saat berlangsungnya pergantian tahun atau jelang memasuki tahun baru Islam, segenap ummat dianjurkan untuk melaksanakan amalan doa akhir tahun Hijriyah.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Keutamaan Puasa Asyura 10 Muharam: Dapat Menghapus Dosa Tahun Lalu

Momen tahun baru Islam bukan hanya dimaknai oleh ummat Islam sebagai pergantian waktu. Namun juga dimaknai sebagai momen muhasabah atau introspeksi diri.

Muhasabah atau introspeksi diri dimaksudkan agar ummat Islam mengingat kembali kebaikan atau kesalahan yang dilakukannya selama satu tahun belakangan.

Hal ini dilakukan agar kebaikan tersebut dapat terus dilakukan di tahun yang baru. Sedangkan keburukan atau kesalahan dapat dijadikan pelajaran agar tak terjadi pada tahun baru yang akan datang.

Baca Juga: Keutamaan Puasa 10 Muharram dan Dalil dalam Hadits Shahih

Selain dianjurkan untuk melakukan muhasabah atau introspeksi diri, ummat Islam juga dianjurkan untuk melaksanakan amalan. Amalan yang dianjurkan untuk dilakukan adalah membaca doa akhir tahun. 

Dengan membaca doa akhir tahun, ummat Islam mengharapkan ampunan Allah SWT tentang kesalahan di tahun lalu dan juga memohon pertolongan pada tahun yang baru.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x