Angka Saturasi Oksigen Normal dan Cara Menaikkannya Serta Tips Memakai Oximeter di Rumah

- 24 Juli 2021, 19:00 WIB
Ilustrasi - Jika kadar saturasi oksigen di bawah angka 95 persen, maka pasien dapat diberikan pertolongan pertama melalui tiga posisi berbaring yang direkomendasikan oleh Kemenkes.
Ilustrasi - Jika kadar saturasi oksigen di bawah angka 95 persen, maka pasien dapat diberikan pertolongan pertama melalui tiga posisi berbaring yang direkomendasikan oleh Kemenkes. /Tangkapan layar: Instagram.com/@kemenkes_ri

BERITA DIY - Belakangan ini angka saturasi oksigen menjadi perbicangan usai pandemi Covid-19 yang semakin mengganas. Banyak publik yang bertanya-tanya berapa angka saturasi oksigen dalam ambang normal.

Tidak hanya itu, masyarakat juga penasaran apakah ada cara untuk menaikkan saturasi oksigen ketika angka menunjukkan di bawah kondisi normal. Tentu saja, kini orang bisa mengukur saturasi oksigen melalui alat oximeter.

Adapun alat oximeter merupakan barang yang sangat direkomendasikan bagi pasien isoman. Dengan begitu, mereka dapat memantau kadar oksigen dalam darah secara berkala dan mandiri.

Baca Juga: Berapa Saturasi Oksigen yang Rendah dan Normal untuk Orang Dewasa? Begini Cara Pakai Oksimeter

Kendati demikian, alat oximeter tidak bisa menjamin apakah seseoran positif terjangkit corona atau tidak. Hingga saat ini, metode tes PCR dan Antigen lah yang paling paten untuk mengetahui keberadaan Covid-19 di dalam tubuh.

Namun, angka kadar oksigen merupakan kunci apakah pasien isoman memerlukan tindakan medis yang lebih serius. Jika kadar saturasi oksigen di bawah 95 persen, maka lebih baik segera pergi ke rumah sakit.

Begini tips memakai oximeter di rumah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa oximeter berfungsi untuk mengukur kadar oksigen di dalam tubuh. Alat sederhana berbentuk penjepit ini dapat Anda beli secara bebas tanpa menggunakan resep atau persyaratan medis.

Baca Juga: Proning, Cara Untuk Meningkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19

Sebelum Anda menggunakan alat oximeter, pastikan kuku Anda tidak dicat dan tidak menggunakan kuku palsu. Jangan lupa cuci tangan agar lebih steril dan pengukuran oximeter lebih maksimal. Lalu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x