Pasien Covid-19 Wajib Tahu! Berikut Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen Menurut Kemenkes RI

- 24 Juli 2021, 15:53 WIB
Ilustrasi Tabung Oksigen. cara meningkatkan saturasi oksigen yang wajib diketahui bagi pasien Covid-19 menurut Kementerian Kesehaatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).
Ilustrasi Tabung Oksigen. cara meningkatkan saturasi oksigen yang wajib diketahui bagi pasien Covid-19 menurut Kementerian Kesehaatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). /PIXABAY/mohammed_hassan

BERITA DIY – Berikut cara meningkatkan saturasi oksigen yang wajib diketahui bagi pasien Covid-19 menurut Kementerian Kesehaatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Kita tahu oksigen merupakan sesuatu yang sangat penting bagi tubuh kita untuk bertahan hidup. Tanpa adanya oksigen makhluk hidup di dunia tidak bisa hidup.

Biasanya jika kita kekurangan oksigen tubuh kita akan terasa sangat berat dan merasakan sesak napas. Apa lagi bagi pasien yang terkena Covid-19 yang mengalami sesak napas.

Saturasi oksigen adalah suatu nilai yang menunjukan kadar oksigen yang berada di dalam darah. Nilai tersebut berpengaruh sekali terhadap semua fungsi organ dan jaringan yang dimiliki tubuh kita.

Baca Juga: Proning, Cara Untuk Meningkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19

Mengecek kadar oksigen yang berada di dalam tubuh kita dapat di cek menggunakan alat puls oximeter. Menurut Kemnkes RI cara sederhana yang bisa dilakukan saat pasien isolasi mandiri di rumah adalah teknik proning.

Dalam melakukan teknik ini, pasien harus dalam posisi berbaring tengkurap untuk membantu meningkatkan saturasi oksigen.

Berikut teknik untuk mengatasi kekurangan oksigen setelah dilakukan pengukuran saturasi oksigen yang dikutip oleh Berita DIY dari akun Instagram @kemenkes_ri, antara lain:

  • Berbaring di atas perut dalam waktu 30 menit. Gunakan alas dan bantal di bawah leher, pinggul, dan kaki.
  • Berbaring ke sisi kanan dalam waktu 30 menit. Gunakan alas dan bantal di bawah leher, pinggul, dan dijepit kedua kaki.
  • Berbaring sambil duduk dalam waktu 30 menit. Gunakan penyangga bantal dengan posisi setengah duduk.

Baca Juga: Berapa Saturasi Oksigen yang Rendah dan Normal untuk Orang Dewasa? Begini Cara Pakai Oksimeter

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: Kemenkes RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x