Bacaan Niat Sholat Idul Adha di Rumah Sendiri dan Berjamaah Serta Tata Cara dan Hukum Berkhutbah Setelahnya

- 19 Juli 2021, 23:50 WIB
Ilustrasi - Bacaan niat sholat Idul Adha 2021 di rumah baik sendiri atau jamaah dengan keluarga lengkap tata cara dan hukum berkutbah setelahnya
Ilustrasi - Bacaan niat sholat Idul Adha 2021 di rumah baik sendiri atau jamaah dengan keluarga lengkap tata cara dan hukum berkutbah setelahnya /PIXABAY/Rawpixe

BERITA DIY - Menaati peraturan pemerintah yang dikeluarkan Kementerian Agama lewat Surat Edaran Nomor 17 Tahun 2021, umat islam di masa pandemi Covid-19 diharuskan meniadakan sholat Idul Adha di masjid atau di lapangan.

Peraturan itu juga memuat peniadaan kegiatan malam takbiran seperti kegiatan takbir keliling di seluruh kabupaten/kota yang wilayahnya diberlakukan PPKM Darurat.

Begitu juga imbauan kepada masyarakat yang wilayahnya ditandai dengan zona oranye hingga zona merah untuk tidak melaksanakan atau menggelar sholat Idul Adha 2021 berjamaah di masjid.

Baca Juga: Tata Cara Melaksanakan Sholat Idul Adha 1442 H di Rumah

Kendati begitu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menyampaikan panduan atau tata cara sholat Idul Adha di rumah. Baik dilaksanakan sendiri maupun berjamaah dengan keluarga.

Apakah masih perlu menggunakan khutbah usai melaksanakan sholat Idul Adha di rumah?

Menurut panduan dari MUI ketika sholat Idul Adha dilakukan di rumah tidak disunnahkan untuk ada khutbah. Namun jika ingin tetap dihadirkannya khutbah setelah sholat juga diperbolehkan.

Baca Juga: Contoh Teks Khutbah Idul Adha yang Bertema Tentang Pandemi Covid-19

Berikut bacaan niat sholat Idul Adha lengkap baik sholat sendirian maupun berjamaah dan tata cara sholat Idul Adha di rumah.

1. Membaca niat sholat Idul Adha

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x