Idul Adha 2021: Bahaya dan Gangguan Kesehatan yang Menunggu Akibat Makan Daging Berlebihan

- 20 Juli 2021, 12:00 WIB
Ilustrasi: Bahaya makan daging berlebihan ketika kurban hari raya Idul Adha 2021, bisa picu gangguan jantung.
Ilustrasi: Bahaya makan daging berlebihan ketika kurban hari raya Idul Adha 2021, bisa picu gangguan jantung. /Pixabay/pexels

BERITA DIY - Pada hari raya Idul Adha 2021, umat Islam akan menerima bagian daging hewan kurban yang dibagi oleh panitia kurban setempat. Idul Adha menjadi momentum bagi umat Islam bersama-sama menyantap hidangan daging.

Mengonsumsi daging sangat dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan protein. Protein sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, meningkatkan sistem imun, dan mempercepat penyembuhan luka.

Dibandingkan daging kambing, daging sapi memiliki kandungan protein yang lebih tinggi. Meski demikian, daging kambing juga bermanfaat untuk meningkatkan tekanan darah yang sangat berguna untuk pemilik tekanan darah rendah.

Baca Juga: 12 Buah dan Sayur Ini Tinggi Kandungan Vitamin C Bantu Booster Kekebalan Imun Tubuh

Manfaat daging sangat beragam, meski demikian perlu diketahui jika mengonsumsi daging terlalu banyak dapat berbahaya dan meningkatkan resiko penyakit berkepanjangan.

Berikut ini adalah bahaya mengonsumsi daging kurban saat hari raya Idul Adha 2021 secara berlebihan:

Kanker Usus Besar

Kelebihan mengonsumsi daging bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan dimana dibutuhkan tenaga yang besar untuk mencerna daging pada saluran pencernaan.

Daging olahan memiliki sifat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker pada usus besar atau kanker rektum.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x