Perbedaan Qurban dan Aqiqah: Pengertian, Jenis dan Jumlah Hewan, hingga Waktu Penyembelihan

- 19 Juli 2021, 13:15 WIB
Ilustrasi - Aqiqah dan Qurban memiliki perbedaan mulai dair tujuan, pengertian, syarat hewan, hingga waktu penyembelihan
Ilustrasi - Aqiqah dan Qurban memiliki perbedaan mulai dair tujuan, pengertian, syarat hewan, hingga waktu penyembelihan /PIXABAY/Alexas_Fotos

BERITA DIY - Qurban dan aqiqah didentifikasi dengan penyembelihan hewan yang dikurbankan. Meski sama berkurban hewan namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas.

Qurban atau kurban serapan kata dari bahasa arab qariba-yaqrabu-qurban wa qurbanan wa qirbanan, yang artinya dekat. Atau bisa diartikan pendekatan diri kepada Tuhan.

Aqiqah dari segi bahasa artinya memotong. Sebagian ulama mengartikan aqiqah adalah memotong rambut bayi, sebagain yang lain mengartikan memotong hewan.

Baca Juga: Idul Adha 2021: Cara Kurban Online Melalui Baznas Lengkap dengan Pilihan Hewan Kurban dan Kisaran Biayanya

Selain perbedaan dari etimologi dan terminologi, aqiqah dan Qurban memiliki perbedaan dari beberapa aspek lainnya.

Waktu pelaksanaan Qurban dan Aqiqah

Pelaksanaan qurban dilakukan setiap tanggal 10 Dzulhijjah atau setiap hari raya idul adha. Tahun ini hari raya Idul Adha jatuh pada 20 Juli 2021. Penyembelihan Qurban bisa juga dilaksanakan pada Hari Tasyrik, yaitu tanggal 11 – 13 Dzulhijjah.

Waktu penyembelihan hewan Qurban juga diatur. Hewan Qurban baru boleh disembelih usai sholat Idul Adha (10 Dzulhijjah) sampai matahari terbenam tanggal (13 Dzulhijjah).

Untuk aqiqah, waktu penyembelihannya bisa dilakukan si orang tua kapan saja ketika bayi sudah memasuki usia 7 hari. Pelaksanaan aqiqah juga diberi kelonggaran sampai si anak usia balig.

Baca Juga: Tata Cara Shalat Idul Adha Saat PPKM Darurat sesuai Panduan Surat Edaran Menteri Agama

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x