Hukum Sholat Idul Adha Sendirian di Rumah Menurut Penjelasan MUI

- 19 Juli 2021, 13:45 WIB
Ilustrasi sholat - Hukumnya sholat Idul Adha 1442 H dari rumah menurut penjelasan dari Majelis Ulama Indonesia
Ilustrasi sholat - Hukumnya sholat Idul Adha 1442 H dari rumah menurut penjelasan dari Majelis Ulama Indonesia /FREEPIK/rawpixel.com

BERITA DIY - Pemberlakukan PPKM Jawa-Bali yang masih berjalan sampai 20 Juli 2021 dan wacananya akan diperpanjang, mengakibatkan ditiadakannya pelaksanaan sholat Idul Adha 1442 H berjamaah di masjid.

Terlebih Kementerian Agama (Kemenag) sudah mengeluarkan Surat Edaran tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban.

Lewat SE tersebut, pemerintah mengimbau pada masyarakat agar melaksanakan sholat Idul Adha dari rumah. Hal ini juga sebagai upaya penekanan penularan Covid-19 dan perlindungan diri agar tidak terjadi kerumuman. Sehingga tidak menimbulkan kluster penyebaran virus baru.

Baca Juga: Idul Adha 2021: Cara Kurban Online Melalui Baznas Lengkap dengan Pilihan Hewan Kurban dan Kisaran Biayanya

Lantas bagaimana hukumnya jikalau melaksanakan sholat Idul Adha sendiri atau munfarid di rumah? Begini penjelasan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait Sholat Ied 1442 H dari rumah.

KH Mukti Ali Qusyairi, Anggota Fatwa MUI Pusat, menjelaskan bawasannya pelaksanaan sholat Idul Adha sendiri di rumah boleh-boleh saja.

Dari pendapat Imam Syafi’I, hukum sholat Idul Adha sendiri adalah sunnah muakkadah. Pandangan soal sholat Idul Adha harus selalu berjamaah di masjid, mungkin hanya asumsi dari sebagian masyarakat.

“Jadi, pelaksanaan (sholat Idul Adha) boleh dilakukan secara munfarid (sendiri), yakni tidak berjamaah,” terang Kiai Mukti Ali saat dihubungi NU Online lewat sambungan telepon, Jumat, 16 Juli 2021.

Baca Juga: Tata Cara Shalat Idul Adha Saat PPKM Darurat sesuai Panduan Surat Edaran Menteri Agama

Lebih lanjut, dalam kitab Hasyiyah Ibrahim al-Bajuri ala Fathil Qarib dituliskan bahwa tidak ada kewajiban melakukan sholat Idul Adha secara berjamaah di masjid.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x