Lirik Sholawat Burdah Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia Beserta Keutamaannya

- 18 Juli 2021, 18:30 WIB
ILUSTRASI - Sholawat Burdah memiliki keutamaan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut sejarah, keutamaan, dan lirik dalam Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia.
ILUSTRASI - Sholawat Burdah memiliki keutamaan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut sejarah, keutamaan, dan lirik dalam Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia. /UNSPLASH/imadalassiry

BERITA DIY - Lirik Sholawat Burdah lengkap dalam Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia, beserta keutaman Sholawat Burdah bisa disimak di sini.

Sholawat Burdah tidak asing lagi bagi telinga orang Indonesia, utamanya masyarakat yang hidup di Pulau Jawa dan Madura. 

Adapun sang pencipta Sholawat Burdah merupakan seorang penyair Imam Al-Busiri dan juga merupakan kaligrafer hebat pada masanya (1260-1268 M).

Baca Juga: Doa Niat dan Tata Cara Mandi Wajib atau Mandi Junub bagi Laki-laki yang Baik dan Benar Menurut Ajaran Islam

Sholawat Burdah terdiri dari 160 bait yang memiliki pesan dan renungan untuk manusia, yakni tentang pengaduan cinta, pujian kepada Rasulullah SAW serta perjuangannya, hingga persoalan hawa nafsu.

Dikisahkan bahwa Al-Busiri menderita sakit setengah lumpuh. Lalu, dia bertemu dengan sosok Nabi Muhammad SAW di dalam mimpi dan memerintahkan Imam Al-Busiri untuk membuat syair-syair yang memuji dirinya.

Tak ragu, Imam Al-Busiri pun menciptakan 160 bait yang terdiri dari 10 pasal. Suatu malam dia bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad SAW kembali. Rasulullah SAW pun melepaskan jubahnya (Burdah) dan diberikan kepada Imam Al-Busiri.

Baca Juga: Bacaan Doa Memperlancar Rezeki Amalan Nabi Sulaiman hingga Mudah Bersyukur Nikmat Dunia

Ajaibnya, atas izin Allah SWT, ketika Imam Al-Busiri bangun, dia sembuh dari kelumpuhannya itu. Oleh karena itulah Imam Al-Busiri memberi nama syairnya itu bernama Burdah (mantel).

Keutamaan Sholawat Burdah

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta

Sumber: Buku Rahasia Sehat Berkah Shalawat oleh M. Syukron


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x