Login cekbansos.kemensos.go.id, KPM Akan Terima Bansos BST Kemensos Rp600 ribu Selama PPKM Darurat

- 6 Juli 2021, 16:45 WIB
Ilustrasi dana bantuan Bansos BST Kemensos Rp300 ribu bulan Mei dan Juni yang akan cair bulan Juli 2021 ke KPM yang data eKTP terdaftar di cekbansos.kemensos.go.id.
Ilustrasi dana bantuan Bansos BST Kemensos Rp300 ribu bulan Mei dan Juni yang akan cair bulan Juli 2021 ke KPM yang data eKTP terdaftar di cekbansos.kemensos.go.id. /PIXABAY/EmAji

BERITA DIY - Kemensos kabarkan pencairan Bansos BST dilakukan minggu kedua Juli 2021. Keluarga Penerima Manfaat atau KPM dapat cek data eKTP dengan login ke cekbansos.kemensos.go.id untuk cek apakah Bansos BST Kemensos Rp300 ribu sudah cair.

Bansos BST Kemensos Rp300 ribu bulan Mei dan Juni akan cair bulan Juli 2021 ini dengan nominal Rp600 ribu. Sebagai antisipasi dampak PPKM darurat , Kemensos berkomitmen mencairkan Bansos BST Rp600 ribu untuk membantu kebutuhan pokok KPM.

Status pencairan Bansos BST Kemensos Rp600 ribu dapat dicek di link cekbansos.kemensos.go.id berbekal eKTP. Data alamat dan nama di eKTP dapat digunakan untuk melakukan cek pencairan Bansos BST Rp600 ribu.

Baca Juga: Cara Dapat Bansos BST Rp300 Ribu Cair Rp600 Ribu Juli 2021, Lapor Jika Nama Tiada di cekbansos.kemensos.go.id

Berikut ini adalah cara cek daftar KPM penerima Bansos BST Kemensos Rp300 ribu yang dirapel jadi Rp600 ribu cair Juli 2021:

  1. Buka web browser atau google melalui HP.
  2. Kunjungi laman website cekbansos.kemensos.go.id.
  3. Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa sesuai alamat di eKTP.
  4. Masukkan nama lengkap sesuai eKTP.
  5. Masukan 8 huruf kode yang tertera dalam kotak kode.
  6. Apabila kode sulit atau salah memasukkan kode, KPM dapat meminta kode verifikasi baru.
  7. Klik tombol CARI DATA.
  8. Apabila terjadi error segarkan halaman atau lakukan pengecekan secara ulang.

KPM yang tidak terdata di cekbansos.kemensos.go.id atau mengalami hambatan pencairan dapat melaporkan dalam bentuk aduan ke Kemensos. Aduan bisa dikirim ke email [email protected] atau nomor WhatsApp (WA) 08111022210.

Baca Juga: Bansos BST Kemensos Cair Rp600 Ribu Pekan Kedua Juli 2021? Cek Data eKTP KPM di cekbansos.kemensos.go.id

Terdapat beberapa hal yang perlu dicermati oleh KPM, agar tidak salah dalam membaca data yang muncul di cekbansos.kemensos.go.id. Berikut ini adalah poin yang perlu diperhatikan oleh KPM:

  • KPM harus memastikan nama telah sesuai dengan identitas di eKTP.
  • Pada kolom usia, KPM harus memastikan bahwa usia yang tertera adalah usia KPM yang dihitung dari tanggal lahir sesuai dengan eKTP.
  • Pada kolom jenis bansos, KPM cukup memperhatikan kolom Bansos BST Kemensos Rp300 ribu.
  • Dalam sub kolom Bansos BST, terdapat keterangan status pencairan bansos BST Kemensos Rp300 ribu.

Bansos BST Kemensos akan disalurkan melalui kantor pos yang tertera di undangan pencairan bansos. KPM dapat membawa berkas salinan eKTP, KK, dan undangan agar Bansos BST Kemensos Rp600 ribu cair.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x