Bansos Sembako Kemensos Juli 2021 Kapan Cair? Berikut Skema Penyaluran BPNT Selama PPKM Darurat

- 2 Juli 2021, 20:41 WIB
Skema penyaluran bansos sembako selama diberlakukan PPKM.
Skema penyaluran bansos sembako selama diberlakukan PPKM. /Instagram.com/@kemensosri

BERITA DIY - Pemerintah telah mengetok palu soal pemberlakuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai 3 sampai dengan 20 Juli 2021 mendatang.

Namun, seperti diketahui bansos sembako cair setiap bulan. Menanggapi hal ini, Menteri Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan melalui konfersi pers mengenai aturan PPKM Darurat pada 1 Juli 2021 menjelaskan bahwa bansos pemerintah akan tetap disalurkan dan tidak akan terkendala PPKM.

“Kalau bansos itu tadi Menteri Keuangan dan Menteri Sosial sudah mengatur, jadi saya kira tidak ada masalah. Termasuk listrik,” kata Luhut.

Baca Juga: Bansos Sembako 2021: Cek di cekbansos.kemensos.go.id, Ini Alasan BPNT Tak Lagi Diberikan Dalam Bentuk Sembako

Program bansos sembako dari Kemensos merupakan strategi unggulan pemerintah dalam membantu masyarakat rentan memenuhi komoditas pangan sejak 2020. Pada 2021, bansos sembako disalurkan setiap bulan dalam jangka waktu satu tahun.

Nominal yang diberikan yakni sebesar Rp 200 ribu setiap bulan atau Rp 2,4 juta per tahun. Pada bulan Juni, bansos sembako telah disalurkan kepada 18,8 juta Kartu Keluarga (KK).

Lantas, kapan bansos sembako bulan Juli dapat mulai dicairkan? Berikut jawabannya.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan, paling lambat bansos akan disalurkan pada minggu kedua Juli 2021.

Sebelumnya Muhadjir telah melakukan koordinasi dengan beberapa kementerian/lembaga guna mempercepat sekaligus memastikan penyaluran bansos tepat sasaran bagi peserta bansos terutama program Sembako yang kembali ditargetkan untuk 18,8 juta KPM.

Banos sembako akan tetap disalurkan dan diterima masyarakat sebagaimana tersalur pada

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x