Jenis-Jenis Tes yang Ada di Tahapan Seleksi CPNS atau PPPK 2021, Simak Perbedaan dan Karakteristik Tiap Tes

- 27 Juni 2021, 10:20 WIB
Ilustrasi jenis-jenis tes yang ada di tahapan Seleksi CPNS atau PPPK tahun 2021.
Ilustrasi jenis-jenis tes yang ada di tahapan Seleksi CPNS atau PPPK tahun 2021. /PIXABAY/Free-Photos

BERITA DIY – Berikut jenis-jenis tes yang terdapat pada tahapan seleksi CPNS atau PPPK 2021.

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) merupakan  pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

Calon Pegawai Negeri Sipil belum mengikuti kewajiban untuk memenuhi syarat sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan gaji 100%, namun mereka digaji dengan presentase dengan jumlah 80% berdasarkan SK CPNS yang sudah di tentukan dengan pedoman pada undang-undang yang belaku di Indonesia.

Sedangkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS PPPK Diumumkan 29 Juli 2021, Siapkan Berkas Persyaratan Ini untuk Daftar di sscasn.bkn.go.id

Kedudukan hukum PPPK sebagai ASN diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 dan turunannya pada PP 11 Tahun 2017, PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja dan Peraturan Badan Kepegawaian Negara tentang Petunjuk Teknis Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) adalah pengelolaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja untuk menghasilkan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme.

Pada tahun ini seleksi CPNS atau PPPK menggunakan sistem CAT BKN, yang merupakan sistem seleksi menggunakan alat bantu yaitu komputer.

Baca Juga: Jadwal Kapan Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka Diumumkan di Tanggal Ini, Cek Cara Daftar di Link sscasn.bkn.go.id

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X