Ternyata, Stunting Bisa Dicegah! Ini Penyebab dan Akibat Penyakit Badan Kerdil Ini Pada Penderita

- 24 Juni 2021, 13:10 WIB
Ilustrasi: Stunting adalah  gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih pendek atau kerdil dari standar usianya. Ini pencegahan, akibat dan penyembuhan penyakit tersebut.
Ilustrasi: Stunting adalah gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih pendek atau kerdil dari standar usianya. Ini pencegahan, akibat dan penyembuhan penyakit tersebut. /PEXELS/samer daboul

BERITA DIY - Banyak masyakarat berasumsi jika stunting akibat dari faktor keturunan. Padahal, masyarakat seolah-olah menerimanya tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya.

Stunting sendiri merupakan gangguan pertumbuhan pada kesehatan anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Penyebab dari stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang terjadi karena kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama (jangka panjang).

Baca Juga: Hari Donor Darah Sedunia: Ketahui Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan Tubuh

Seperti dilansir dari laman resmi Dinas Kesehatan Karanganyar, stunting akibat genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya.

Bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik), dan pelayanan kesehatan, terlebih di skup mikro atau paling dekat dengan domisili.

Baca Juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Emosional agar Mudah Marah dan Cepat Lelah

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pencegahan stunting, yakni:

1. Perbaikan terhadap pola makan,

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x